visitaaponce.com

4 Manfaat Skrining Talasemia Sebelum Menikah

4 Manfaat Skrining Talasemia Sebelum Menikah
Ilustrasi Talasemia(Freepik)

TAHUKAH Anda Talasemia bisa diturunkan secara genetik bila salah satu pasangan memiliki sifat pembawa Talasemia? Untuk mencegah talasemia, sangat penting untuk melakukan skrining thalassemia sebelum menikah.

Ini dilakukan sebagai upaya mendeteksi pembawa hemoglobinopati

Pemeriksaan skrining sebelum menikah melibatkan promosi kesehatan dan kesejahteraan kesehatan pasangan dan keturunan. Ini menjadi sangat penting karena dapat mencegah penyebaran penyakit serta faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi risiko kehamilan dan kelahiran. 

Baca juga: Mengenal Thalassemia, Penyebab, Perawatan, Gejala, dan Tingkat Kesembuhannya

Lalu, sebernanrnya apa sih yang di maksud dengan Talasemia itu?

Pengertian Talasemia

Talasemia merupakan kelainan darah yang diturunan yang disebabkan oleh kelainan hemoglobin (akibat ketidakmampuan sumsum tulang membentuk protein yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin) yang menyebabkan kerusakan pada sel darah merah sehingga penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Baca juga: Derita Thalassemia, Remaja di Flotim Selama 17 Tahun Bertahan Hidup Lewat Transfusi Darah

Dengan begitu, skirining sebelum menikah adalah langkah pencegahan untuk kualitas keturunan dan pernikahan yang lebih baik. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Hematology and Oncology, orang tua dengan anak pengidap thalassemia mengalami stres yang cukup besar karena kondisi kesehatan si anak. Ini juga terkait dengan tingginya biaya perawatan serta kurangnya ketersediaan perawatan medis yang mumpuni. 

Skrining sebelum menikah juga membuat pasangan tahu langkah-langkah tepat yang harus dilakukan bila salah satu diantara mereka membawa sifat Talasemia. Skrining sebelum menikah biasanya akan melakukan beberapa tes. Ini mulai dari kelainan darah genetik umum (misalnya  anemia sel sabit, dan Talasemia), termasuk juga risiko penyakit menular, seperti Hepatitis B, Hepatitis C, dan HIV / AIDS). 

Manfaat Skrining Talasemia

- Mempromosikan kesadaran tentang konsep pernikahan sehat yang komprehensif

- Mengurangi tekanan pada institusi kesehatan dan bank darah

- Menghindari masalah sosial dan psikologis bagi keluarga yang anaknya mengidap penyakit keturunan

- Mengurangi beban keuangan keluarga dan masyarakat untuk merawat orang yang terluka

Dengan begitu, sebaiknya Anda dan pasangan lakukan dulu skrining sebelum menikah. Tujuannya agar bisa terdeteksi apakah calon ayah dan ibu tersebut memiliki gen pembawa sifat Talasemia atau tidak. Dengan demikian dapat menghindari perkawinan antara sesama thalassemia minor yang dapat melahirkan anak dengan thalasemia mayor.

Dan sebagai informasi tambahan, skrining thalasemia bisa dilakukan pada  penjaringan kesehatan anak sekolah, pada siswa kelas 1, 7, dan 10. Juga bisa dilakukan di Pos Pembinaan Terpadu untuk Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan di fasilitas kesehatan yang dapat melakukan pemeriksaan hematologi lengkap dan analisis Hb (Puskesmas dan rumah sakit).(Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat