visitaaponce.com

Tanggap Bencana, Danone SumbangMobil Instalasi Pengolah Air ke LPBI NU

Tanggap Bencana, Danone Sumbang Mobil Instalasi Pengolah Air ke LPBI NU 
Ketua LPBI NU, Ace Hasan Syadzili (kiri), menerima sumbangan secara simbolis dari Chief Executive Officer of Danone Indonesia, Connie Ang.(Ist)

DANONE Indonesia menyerahkan mobil instalasi pengolah air kepada Nahdlatul Ulama (NU), melalui salah satu lembaganya, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU).

Danone Indonesia telah bermitra dengan NU sejak 2021 melalui sejumlah inisiatif. Kali ini Danone menyerahkan mobil instalasi pengolah air.

Mobil ini ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui ketersediaan air minum aman, sekaligus upaya penanggulangan bencana.

Baca juga: Rahasia Pengelolaan Sumber Daya Air Danone-Aqua

Peresmian kerja sama ini dilangsungkan bertepatan dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) LPBI NU di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah, Depok, Jawa Barat, baru-baru ini.

Turut hadir dalam Rakornas LPBI NU, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dan Ketua LPBI NU Ace Hasan Syadzily.

Dalam sambutanya, KH Yahya Cholil Staquf mengatakan,"Gagasan spiritual ekologi merupakan gagasan dimana umat manusia melihat lingkungan hidup dari sudut pandang spiritualitas."

Baca juga: Gus Yahya: Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Harus Didekati dari Berbagai Perspektif

"Umat manusia tidak boleh melihat alam sebagai objek eksploitasi tetapi harus bertanggung jawab untuk memelihara dan merawatnya," ucap Yahya.

"Dalam ayat-ayat Al-Quran dinyatakan bahwa alam semesta bersama isinya ini diciptakan untuk kepentingan umat manusia, tapi ini tidak berarti kita boleh mengeksploitasinya. Sebagai khalifatullah mari kita bertanggung jawab dalam mengelola lingkungan demi kemaslahatan bersama," jelas Yahya.

Indonesia Rawan Bencana

Berada di kawasan Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire sekaligus terbentang di sepanjang garis khatulistiwa membawa berkah tersendiri bagi Indonesia.

Kondisi geografis tersebut, membuat Indonesia memiliki iklim tropis dengan sinar matahari berlimpah, curah hujan tinggi serta tanah yang subur meski dikelilingi oleh rangkaian gunung berapi dan situs aktif seismik.

Baca juga: Selama 2018-2022 Kerugian Akibat Bencana Hidrometeorologi Capai Rp31,5 Triliun

Di sisi lain kondisi tersebut juga menempatkan Indonesia sebagai negara yang rawan bencana. Sejalan dengan Laporan World Risk Report 2022 menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara paling rawan bencana ketiga di dunia.

Chief Executive Officer of Danone Indonesia, Connie Ang, menyatakan, "Danone Indonesia memiliki komitmen Positive Water Impact hingga 2030 nanti, di mana dalam komitmen tersebut kami berupaya mengembalikan lebih banyak air ke alam dan masyarakat, daripada yang sudah kami manfaatkan."

"Sebagai manifestasi komitmen ini, Danone Indonesia merasa bangga bisa mendukung LPBI PBNU dengan sebuah mobil instalasi pengolah air," jelasnya.

"Kami menyadari dalam bencana alam, aspek kunci yang perlu diperhatikan adalah kesehatan, dimana pemenuhan air minum yang sehat dan aman menjadi sangat penting bagi masyarakat,” tutur Connie Ang.

Baca juga: BNPB: Pencairan Dana Bantuan Rumah Korban Gempa Dilakukan Bertahap

Ace Hasan Syadzili, Ketua LPBI NU mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan mobil instalasi pengolah air dari Danone Indonesia, yang fungsi utamanya untuk pengolahan air yang dibutuhkan pada saat bencana."

"Memang biasanya saat bencana terjadi, masyarakat terdampak juga kesulitan air minum. Kita memiliki sumber daya sampai di daerah yang siap berkolaborasi dan bersinergi dalam rangka menyelamatkan lingkungan," terangnya.

"Krisis lingkungan dan kerusakan alam tidak serta-merta disebabkan oleh alam. Intervensi manusia juga turut menyebabkan kerusakan lingkungan," ucap Ace.

"Untuk mengatasi problem tersebut NU menawarkan nilai-nilai agama dan kearifan lokal untuk berkontribusi di dalam upaya menyelamatkan bumi yang kita cintai ini,” jelas Ace. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat