visitaaponce.com

Tahun Ini Kemenkes Targetkan 100 Daerah Miliki Kawasan Tanpa Rokok

Tahun Ini Kemenkes Targetkan 100% Daerah Miliki Kawasan Tanpa Rokok
Ilustrasi(MI/Rommy)

KEMENTERIAN Kesehatan menargetkan semua daerah di Indonesia memiliki kawasan tanpa rokok (KTR) pada tahun ini. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

"Saat ini ada 86% daerah yang mempunyai aturan KTR. Kita harapkan di 2023 nanti akan ada 100%, targetnya untuk semua daerah mempunyai KTR," kata Dante dalam acara puncak Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Kamis (8/6).

Ia menegaskan bahwa setiap daerah harus berkomitmen untuk menguragi jumlah perokok di Indonesia guna mewujudkan Indonesia sehat.

Baca juga : Indonesia Masih Setengah Hati Kendalikan Rokok

Saat ini berdasarkan Global Adult Tobacco Survey, ada sebanyak 70,2 juuta orang di dunia yang merokok atau 34,5% dari populasi dunia. Indonesia sendiri menempati posisi ketiga sebagai negara yang paling banyak perokok di dunia.

"Mungkin salah satunya karena kita adalah negara penghasil tembakau. Karenanya ada penghargaan bagi petani yang telah menswitch, yang tadinya menanam tembakau jadi menanam tanaman pangan," beber dia.

Baca juga : Asap Rokok Elektrik Berbahaya untuk Anak

Percepatan pengurangan perokok dan mencegah munculnya perokok baru perlu terus dilaukan. Pasalnya, WHO melaporkan sebanyak 8,2 juta kematian di dunia yang berkaitan dengan tembakau.

WHO pun saat ini telah mengeluarkan imbauan terbaru utuk percepatan pengendalian tembakau, dengan melaukan substitusi lahan pertanian tembakau dengan pertanian pangan yang bergizi.

"Selain percepatan pengendalian rokok, kita juga penting membuat regulasi baru untuk beberapa produk tembakau yang sebelumnya tidak ada, seperti rokok elektrik. Kami akan berlakukan aturan untuk mengendalikan hal ini," bebernya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat