visitaaponce.com

Promosi Doktor Budi Nugraha Media Hibrid jadi Solusi di Era Digital

Promosi Doktor Budi Nugraha: Media Hibrid jadi Solusi di Era Digital
Sidang terbuka(MI/HO)

PERKEMBANGAN teknologi informasi komunikasi dan mahalnya harga kertas memberikan ancaman bagi kelangsungan hidup media cetak.  Upaya yang diambil media cetak untuk menjaga eksistensinya adalah menjadikan media tersebut bersifat hibrid, yaitu memiliki bentuk cetak sekaligus daring (media siber).

Baca juga: Lama Kuliah S1, S2, dan S3 Berapa Tahun? Ini Penjelasannya

Pernyataan tersebut menjadi bagian dari promosi Doktor Budi Nugraha dalam Bidang Ilmu Komunikasi Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta, Rabu (7/6). Disertasinya berjudul "Pengembangan Media Hibrid Sebagai Strategi Mempertahankan Performa Media Cetak Lokal, Studi Kasus Media Hibrid Grup Jawa Pos, Radar Surabaya, Radar Solo, dan Radar Jogja" pada sidang terbuka yang dipimpin Dr.Marlinda Irwanti P.M.Si meraih nilai sangat memuaskan.

Baca juga: Doktor Termuda Kabupaten Nagekeo di Usia 33 Tahun

Terkait itu,Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Zainut Tauhid Sa'adi, M.Si mengapresiasi pencapaian Budi Nugraha pada sidang promosi S3 tersebut. "Mas Budi Nugraha dengan sungguh - sungguh dan serius mampu menyelesaikan program studi doktor ini, mengingat pekerjaan dan kesibukannya beraktivitas sebagai wartawan. Media hibrid sekarang ini memang menjadi tantangan di era digital," ujar Zainut

Tantangan terbesarnya, ujar Zainut, ialah bagaimana media cetak bisa tetap eksis di tengah meluasnya pengaruh media digital.

Wamenag berharap apa yang ditemukan Budi dalam penelitiannya bisa bermanfaat untuk bisnis media massa dan perkembangan media saat ini yang semakin banyak tantangan. "Semoga apa yang telah dilakukan Dr. Budi Nugraha dapat memotivasi teman-teman wartawan lainnya," harap Wamenag.

Selain menjadi Kepala Biro Jakarta Harian Suara Merdeka, dan Pemred Jakarta.SuaraMerdeka.com, Budi juga aktif di organisasi kewartawanan. Kelahiran Tasikmalaya, Jabar, 25 Mei 1965 ini adalah Wakil Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi DKI Jakarta (PWI Jaya). (H-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat