visitaaponce.com

Umika dan STIE Tribuana Minta Bukti dan Data Terkait Tuduhan Jual Beli Ijazah, Ini Kata Dikti-Ristek

Umika dan STIE Tribuana Minta Bukti dan Data Terkait Tuduhan Jual Beli Ijazah, Ini Kata Dikti-Ristek
Ilustrasi(Dok.MI )

UNIVERSITAS Mitra Karya (Umika) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STEI) Tribuana meminta bukti dan data terkait tuduhan jual beli ijazah dan penyelewengan beasiswa Kartu Indonesia Pintar kepada Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti Ristek. Kedua kampus tersebut tidak terima atas tuduhan yang dianggap tak berdasar itu.

Direktur Kelembagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dikti-Ristek) Lukman menyampaikan kampus yang ingin protes dapat menyampaikan langsung ke pihak Inspektorat Jenderal Kemendikbud-Ristek. Sebab temuan-temuan tersebut didapat dari Irjen Kemendikbud-Ristek.

Lukman juga mengatakan bagi kampus yang ingin protes dan tidak terima atas tindakan pencabutan izin kampus, dapat menyampaikan gugatan Pengadilan Tinggi Negeri Usaha (PTUN).

Baca juga: PTS Bodong Sudah Lama Ada, Perlu Revolusi Mental untuk Memberantasnya

“Terkait penyimpangan KIP itu ada di Irjen ya. Kalau di kami penyimpangan akademik. Kami sudah serahkan di surat berita acara yang kami serahkan saat monitoring. Jadi itu yang harus dipedomani,” kata Lukman saat dihubungi, Senin (12/6).

“Kami tidak pernah menyebut nama dan kesalahan setiap perguruan tinggi. Sekarang dikembalikan saja ke perguruan tinggi masing-masing. Kalau mau menggugat juga silakan ke PTUN, kami tidak membuka ke publik,” tambahnya.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta Bermasalah untuk Lindungi Mahasiswa dari Penipuan

Selama periode 2022-2023 terdapat 52 laporan perguruan tinggi (PT) bermasalah yang masuk dalam data Kemendikbud-Ristek. Daerah yang terdapat PT bermasalah yakni Bali (2), Banten (4), Jakarta (7), Jawa Barat (13), Jawa Timur (6), Kalimantan barat (2), Kepulauan Riau (1), Sulawesi Selatan (5), Sulawesi Utara (3), Sumatera Barat (2), Sumatera Selatan (1), Sumatera Utara (5), dan Yogyakarta (1). (Dis/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat