visitaaponce.com

Dinkes DKI Sebut Pasien Covid-19 Tak Perlu Lagi Isolasi

Dinkes DKI Sebut Pasien Covid-19 Tak Perlu Lagi Isolasi
Sejumlah tenaga kesehatan berjalan dengan membawa barang pribadinya keluar dari Rusun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta,(Antara)

DINAS Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebut saat ini pasien covid-19 tidak perlu melakukan isolasi. Hal ini menyusulnya terkendalinya kondisi covid-19 di Ibu Kota. 

"Saya beri masukan ke stakeholder pada pasien covid-19, tidak perlu isolasi lagi tapi wajib pakai masker," ujar Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama dalam keterangan tertulis, Selasa, (13/6). 

Namun, Ngabila menyebut kebijakan isolasi mandiri dapat diterapkan terhadap pasien covid-19 dengan gejala. Isolasi dapat dilakukan selama tiga hingga lima hari. 

Baca juga : Angkasa Pura I Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Bandara

"Melihat sekarang inkubasi covid-19 satu sampai tiga hari dan tiga sampai lima hari dari bergejala sudah sembuh. Cegah sakit tetap yang terbaik," bebernya.

Baca juga : KAI Cabut ATuran Wajib Masker, Penumpang Dihimbau Tetap Lengkapi Dosis Vaksin

Selain itu, Ngabila menyebut kasus covid-19 di Jakarta tercatat 540 orang dan hanya ada empat kasus kematian dalam seminggu. Oleh karena itu, Ngabila memastikan kondisi covid-19 di Jakarta telah terkendali.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan Indonesia telah sepakat dengan keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyatakan status pandemi sudah tidak ada, tetapi covid-19 masih ada. Presiden Joko Widodo (jokowi) akan mencabut status pandemi.

"Satgas (Covid-19) otomatis bubar dong," ujar Muhadjir di Istana. 

Pemerintah saat ini tengah bersiap mencabut status pandemi covid-19 menjadi endemi. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Presiden Jokowi telah akan mengumumkan langsung pencabutan status pandemi. (MGN/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat