visitaaponce.com

PKBM Windsor Tanamkan Karakter Peserta Didik lewat Outing Class

PKBM Windsor Tanamkan Karakter Peserta Didik lewat Outing Class
Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Windsor menggelar outing class di Kidzania Area, Hotel Pacific Place, Jakarta, Rabu (14/6).(Ist)

PUSAT Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Windsor Jakarta menggelar kegiatan outing class (belajar di luar kelas) untuk menghilangkan kejenuhan saat belajar di kelas.

Kali ini PKBM yang sudah terakreditasi A dan mengelola program kelompok belajar (Kejar) Paket A, B, dan C itu menggelar outing class di Kidzania Area, Hotel Pacific Place, Jakarta, Rabu (14/6).

Baca juga: Moeldoko: PKBM Bantu Pemerintah Atasi Masalah Pendidikan

Outing class dihadiri 784 peserta, yang terdiri 674 siswa dan 120 pendamping dan guru, dengan tema Pengenalan profesi kepada peserta didik dalam usaha dan industri.

Pimpinan PKBM Windsor Jakarta Evi Susanti SPd MM menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah agar peserta didik bisa mengenal dan berperan sebagai profesi yang disediakan di Kidzania secara langsung.

Di antaranya ialah petugas pemadam kebakaran, dokter, petugas transportasi umum, pilot, dan pekerja pembuat mie dan bagian pengemasan.

"Dengan begitu, peserta didik bisa menghargai semua profesi dan mampu mengembangkan karakter, menanamkan jiwa Pancasila, bekerja sama dengan tim dan menghargai pendapat orang lain,” ujar Evi dalam keterangannya, hari ini.

Baca juga: 129 Anak Pekerja Migran di Malaysia Ikuti Wisuda Program Paket A, B, dan C

Koordinator pelaksanaan kegiatan Ikbal Abidin ST menambahkan kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi antara kelompok belajar PKBM yang beralamat di Jl Kramat 2 No 48 RT/RW 008/004, Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat tersebut.

"Sebab, di PKBM Winsor ada beberapa kelas, dari Cibubur, Bogor, Bandung, dan saya berharap pemerintah ke depan lebih bisa memperhatikan pendidikan nonformal seperti PKBM ini," jelasnya.

Salah seorang guru, Rita Mulyanti SE MPd, berharap kegiatan outing class bisa jadi bagian pengembangan diri peserta didik yang merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka

"Yakni peserta menjadi subjek pembelajaran, dan bukan lagi hanya menjadi objek pembelajaran," pungkas Rita. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat