visitaaponce.com

Dokter Ingatkan, Saat Hari Raya Idul Adha, Harus Juga Konsumsi Serat

Dokter Ingatkan, Saat Hari Raya Idul Adha, Harus Juga Konsumsi Serat
Ilustrasi(Freepik)

DOKTER Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia Marya Haryono mengatakan mengonsumsi banyak daging pada saat Hari Raya Idul Adha sebetulnya tidak apa-apa asalkan didampingi dengan konsumsi banyak sayur dan buah.

"Makan daging saat Hari Raya diperbolehkan, namun terkadang orang sudah mengonsumsi makanan tinggi lemak atau tinggi gula sebelumnya, ini yang harus dihindari," ujar Marya, dikutip Jumat (16/6).

Marya mengatakan penting untuk tidak hanya memperhatikan konsumsi daging saat di saat Hari Raya saja, tetapi juga memerhatikan asupan makanan yang sebelumnya dikonsumsi. 

Baca juga: Heru Pastikan Stok Daging Sapi Aman Jelang Lebaran

"Sebaiknya, atur pola makan sehat baik sebelum dan sesudahnya (Hari Raya Idul Adha), hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, gula, garam, atau makanan yang dapat memicu beberapa masalah kesehatan, seperti darah tinggi, kolesterol, dan risiko lainnya." jelas Marya.

Marya juga mengatakan pengolahan daging turut memengaruhi masuknya nutrisi ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, daging harus dimasak dalam jumlah secukupnya dan tidak dipanaskan secara berulang kali.

Dia menjelaskan pemanasan makanan secara berulang kali dapat membuat nutrisi penting di dalamnya hilang.

Baca juga: Mentan SYL: Ribuan Ton Daging Beku Siap Amankan Kebutuhan Lebaran

"Selain itu, minimalkan jumlah santan agar tidak menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh," tambah dia.

Dalam mengonsumsi daging, batasan atau jumlah yang dikonsumsi berbeda-beda tiap orangnya, namun Marya menyarankan mengonsumsi daging hanya seperempat dari isi piring karena daging termasuk dalam protein dan dalam aturan gizi seimbang normalnya berisi seperempat dari isi piring yang dikonsumsi.

"Balance dengan sayurnya (sebanyak) setengah isi piring," tegas Marya. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat