visitaaponce.com

PPIH Serukan Jemaah Haji Istirahat Total Jelang Wukuf

PPIH Serukan Jemaah Haji Istirahat Total Jelang Wukuf
Jemaah haji wukuf di arafah(MCH 2023)

PEMERINTAH Arab Saudi telah menetapkan wukuf di Arafah pada musim haji 1444 H/2023 H jatuh pada 27 Juni, delapan hari dari sekarang. Wukuf dilaksanakan pada 9 Zulhijjah.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Khalilurrahman mengimbau para jemaah haji istirahat total menjelang wukuf.

"H-5 (22 Juni) atau H-3 (24) diharapkan semua jemaah haji itu benar-benar istirahat total dari aktivitas fisik yang berlebihan yang nanti akan menghambat kondisi jemaah haji," tutur Khalilurrahman sesuai menyambut kedatangan para petugas Daker Madinah, di Mekah, Minggu (18/6/2023) malam waktu Arab Saudi.

Baca juga: Kabupaten Klaten Mendapat Tambahan Kuota Haji 66 Orang

Khalilurrahman juga mengingatkan puncak haji tahun ini masuk dalam musim kemarau. Cuaca sangat panas hingga mencapai 45 derajat celsius, baik di Mekah maupun di Arafah.

Kondisi tersebut dapat membuat jemaah mudah lelah. Oleh karena itu, ia menyarankan jemaah minum air yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, dan banyak beristirahat. "Jangan banyak keluar (hotel)," ujarnya.

Baca juga: Pesan untuk Jemaah dan Petugas: Jaga Kesehatan untuk Puncak Haji

Hal serupa ketika berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Jemaah sebaiknya lebih fokus beribadah.

"Jadi jangan banyak aktivitas keluar karena itu akan mengurangi energi mereka dan bisa mempengaruhi kondisi jasmani mereka," tandas Khalilurrahman.

Pergerakan jemaah untuk prosesi puncak haji akan dimulai pada 8 Zulhijah 1444 H atau 26 Juni 2023. Pada tanggal itu jemaah haji akan diberangkatkan dari Mekah menuju Arafah. Pada 9 Zulhijah (27 Juni), jemaah akan wukuf di Arafah. Dan pada 10 Zulhijah (28 Juni) jemaah sudah bertolak untuk mabit di Mina selama 2-3 hari dan melempar jumrah. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat