visitaaponce.com

Jokowi Resmi Umumkan Indonesia Masuk Transisi Pandemi jadi Endemi

Jokowi Resmi Umumkan Indonesia Masuk Transisi Pandemi jadi Endemi
Presiden Joko Widodo(Youtube Setpres)

PEMERINTAH resmi mengumumkan bahwa Indonesia telah masuk dalam transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi. Hal itu disampakaikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/6).

"Setelah 3 tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi pandemi covid-19, sejak hari ini Rabu 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi," ujar Jokowi seperti dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyampaikan keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus Covid-19 yang dilaporkan mendekati nihil.

Baca juga : Perubahan Status Pandemi Menuju Endemi Perlu Justifikasi Kuat

Selain itu, hasil serosurvei telah menunjukkan bahwa 99% masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid -19. Ia mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mencabut status kedaruratan atau public health emergency of international concern.

"Walaupun demikian saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih," pesan presiden.

Baca juga : 8 Mei, Jepang Ubah Status Pandemi Menjadi Endemi

Ia berharap dengan keputusan pemerintah bahwa Indonesia telah masuk dalam endemi, perekonomian nasional semakin baik serta kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat meningkat. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat