visitaaponce.com

Anies Baswedan Ingin Transisi Pergantian Presiden Berjalan Damai

Anies Baswedan Ingin Transisi Pergantian Presiden Berjalan Damai
Mantan capres Anies Baswedan menginginkan transisi kewenangan dari Presiden ke Presiden terpilih berjalan dengan damai.(AFP)

MANTAN calon presiden Anies Baswedan menginginkan semua pihak menerima keputusan pemenang Pemilu 2024. Pergantian kepala negara harus berjalan dengan damai.

“Kami semua ingin agar transisi perpindahan kewenangan dari Presiden petahana ke Presiden terpilih itu berjalan dengan damai,” kata Anies dalam acara Crosscheck by Medcom.id dengan tema ‘Anies Baswedan, What’s Next?’, Minggu (28/4).

Anies menjelaskan dirinya sengaja hadir dalam penetapan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu. Dia tetap datang meski kalah karena acara itu merupakan salah satu proses pemilu.

Baca juga : Momen Berinteraksi Usai Pencoblosan, Warga Berteriak 'Anies Presiden'

“Dalam bernegara kita menghormati proses, menghargai prosedur, dan menjunjung tinggi etika. Karena itu, ketika MK telah mengeluarkan putusannya maka kami sampaikan, kami menghormati putusan MK,” ucap Anies.

Anies mengamini undangan resmi dari KPU baru sampai kepadanya malam hari sebelum acara dimulai. Namun, dia sudah mengetahui acara itu beberapa jam sebelum undangan datang.

“Nah, saya ketika sudah dengar informal itu pun saya sudah sampaikan bahwa kita akan hadir, ada nanti administratifnya, ada undangan atau tidak toh kita tahu bahwa memang ini bagian dari proses, kita akan hadir,” ujar Anies.

Dia sudah membaca sejumlah berita yang menjelaskan adanya acara penetapan Presiden terpilih di KPU. Anies memilih mengesampingkan perasaan untuk memastikan demokrasi di Indonesia berjlaan dengan sehat.

“Menghargai proses bernegara dan di dalam proses bernegara ini tidak penting tentang perasaan, perasaan kita, ini bukan soal perasaan, ini adalah soal bagaimana kita menghormati proses bernegara, menghargai sampai tuntas, dan itu yang kami kerjakan kenapa kami memilih hadir, kami ingin menuntaskan sehingga semua selesai dengan proses ini dengan rasa syukur dan keluar dengan terhormat karena menjunjung tinggi etika,” tutur Anies. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat