visitaaponce.com

Kondisi Fajri Sebelum Meninggal Alami Gagal Organ

Kondisi Fajri Sebelum Meninggal Alami Gagal Organ
PEMAKAMAN FAJRI: Petugas Pemadan Kebakaran menyiapkan alat bantu untuk pemakaman almarhum M Fajri di TPU Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (22/6)( MI/ Moh Irfan)

RUMAH Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta menyebutkan bahwa kondisi Muhammad Fajri, 27, pasien obesitas yang memiliki berat 300 kilogram sebelum meninggal mengalami komplikasi dari paru-paru, jantung, hingga alami gagal organ.

"Sebulan ini memang pasien Fajri sudah mulai tidak bisa tidur telentang, artinya memang sudah mulai ada masalah medis yang cukup serius terkait dengan kardio respirasi atau masalah paru-paru dan masalah jantungnya," kata dokter spesialis anestesi RSCM Jakarta dr Sidharta Kusuma Manggala dalam konferensi pers, Kamis (22/6).

Beberapa bulan sebelumnya sudah disarankan untuk ke rumah sakit karena kaki sebelah kanannya yang memang ada infeksi. Namun almarhum masih belum mau untuk ke rumah sakit sehingga akhir kondisinya semakin menurun. Ketika datang ke RSCM sudah dalam kondisi yang tidak baik.

"Kemudian setelah itu disini sesaknya semakin memberat, sehingga membutuhkan bantuan pernapasan lalu dipasang ventilator. Saat dipasang ventilator itu beliau mendapatkan obat-obatan yang namanya obat sedasi (obat anestesi untuk menurunkan kesadaran) karena proses pemasangan ventilator itu adalah proses yang cukup nyeri dan tidak enak sehingga kita harus memberikan obat-obat namanya sedasi," paparnya.

Dalam perjalanannya ternyata tim dokter melihat infeksi di kakinya semakin berat, dan juga ada infeksi di bagian paru-parunya, infeksi ini bisa bilang menimbulkan kejadian yang namanya syok sepsis yakni adalah suatu keadaan dimana terjadi respon tubuh terhadap infeksi yang berat, infeksi berat ini diatasi dengan pemberian antibiotik.

Ciri-ciri syok sepsis adalah gagal organ seperti pada jantung, pembuluh darah, tekanan darahnya mulai turun, ginjal bermasalah. Akibat dari infeksi tadi mengakibatkan kegagalan organ tubuh namanya Multi Organ Disfungtion Syndrome (MODS). "Nah ini yang membuat kondisinya semakin menurun, dan memang pada akhirnya tadi malam kami sudah tidak bisa mempertahankan kondisi beliau lagi," ungkapnya.

Sebelumnya RSCM menyampaikan kabar duka setelah berjuang selama sekitar 14 hari Muhammad Fajri, 26, pasien obesitas yang memiliki berat 300 kilogram meninggal pada pukul 01.25 WIB dini hari. (H-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Soelistijono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat