visitaaponce.com

Kemenag Pastikan Hak Belajar Santri Ponpes Al-Zaytun Tetap Terpenuhi

Kemenag Pastikan Hak Belajar Santri Ponpes Al-Zaytun Tetap Terpenuhi
Ponpes Al-Zaytun di Indramayu, Jabar(MI/Agus Mulyawan)

WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menegaskan hak pendidikan para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Indramayu, Jawa barat tetap terpenuhi.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bersama Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan mengawal penanganan dari sisi pendidikan.

"Terkait dengan penanganan pendidikan di bawah Kementerian Agama, kami memastikan para santri di Pondok Pesantren Al-Zaytun bisa tetap belajar seperti biasa jika sewaktu-waktu ada penindakan hukum berkenaan dengan dugaan pelanggaran pimpinan Ponpes yakni Panji Gumilang," kata Zainut saat dihubungi, Kamis (29/6).

Baca juga : Mahfud Tegaskan Pemerintah Evaluasi Ponpes Al-Zaytun

"Karena ada ribuan santri yang akan menjadi tanggung jawab kami. Kami memastikan bahwa proses belajar-mengajar atau studi mereka tetap berjalan, tidak terganggu ketika proses penanganan hukum berjalan," tambahnya.

Ia meminta semua pihak bersabar terkait dengan permasalahan Ponpes Al-Zaytun. Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menko Polhukam Mahfud MD sudah memberikan tanggapan soal polemik Ponpes Al-Zaytun bahwa saat ini penanganan masalah Ponpes di Indramayu itu dilakukan dari dua sisi, sisi hukum dan sisi pendidikan.

Baca juga : MUI Usut Tuntas Dugaan Penyimpangan Ponpes Al Zaytun

"Penanganan secara hukum dijalankan di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan bersama Polri," ujarnya.

"Untuk hal itu, sekali lagi kami mohon semua pihak untuk bersabar dan tetap tenang. Menyerahkan semua masalahnya kepada mekanisme hukum yang berlaku," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat