visitaaponce.com

Dari Sebuah Desa Kecil, Arsitek Ini Sukses Raih Beasiswa dan Kembangkan Platform Edukasi

Dari Sebuah Desa Kecil, Arsitek Ini Sukses Raih Beasiswa dan Kembangkan Platform Edukasi
Arsitek asal Riau, Zurnalis(Dok. Pribadi)

LAHIR di Desa Kecil bernama Pelanduk di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, tidak membuat Zurnalis memendam cita-citanya, Ia justru sukses mewujudkan cita-citanya menjadi arsitek dan kini bergemilang prestasi di bidang arsitek.

Zurnalis yang merupakan lulusan pendidikan Arsitektur Universitas Riau, kini sedang mengenyam pendidikan pascasarjana di Toyohashi University of Technology di Aichi, Jepang. Ia bahkan sudah mengemban amanah sebagai asisstant researcher/ professor di Dept Building Design Lab. Toyohasi University of Technology.

Dengan prestasi itu, Zurnalis masuk dalam kandidat peraih beasisiwa pendidikan doktoral bidang arstektur Toyohashi University, 2025 mendatang. Melalui beasiswa dalam program MEXT itu, Zurnalis mengaku bisa memperdalam ilmu terkait environment and technology building.

Baca juga : Arsitek Muda Ini Sukses Kembangkan Jasa Arsitektur, Ikut Bikin Rumah Artis 

“Moto hidup saya, Jadilah orang yang pembelajar dan pengajar, dengan menjadi pembelajar kita terus bisa relevan dalam menjadi pengajar,” kata Zurnalis

Beasiswa itu diraih Zurnalis berkat sejumlah kerja keras dan karyanya di bidang arsitektur, Zurnalis yang sebelunya bergabung dengan perusahaan konsultan arsitek, Aaksesn Responsile Aarchitectur, terlibat dalam sejumlah proyek besar hingga dipercaya memegang jabatan project manager pada 2019.

Baca juga : Dinikahi Putra Mahkota Yordania, Siapakah Rajwa Al Saif? Ini Profilnya

Tidak hanya sampai disitu, Zurnalis juga berbagi pengetahuan tentang arsitektur lewat platform teknologi pendidikan kelaszaa.id yang dibangunnya. Platform tersebut sudah memiliki 10.000 peserta yang berasal dari kalangan praktisi, masyarakat umum, dan mahasiswa arsitektur dari seluruh Indonesia.

Zurnalis membangun platform tersebut dengan tujuan meningkatkan kualitas para peserta secara personal dan interpersonal agar mampu bersaing di dunia global. Platform tersebut dapat menjadi alternatif jika ingin mengembangkan keterampilan di bidang arsitektur.

"Harapan ke depan bisa menjadi arsitek yang bermanfaat dan seorang peneliti Arsitektur dengan  mendirikan agency Architecture Research Institute Indonesia untuk membantu dan menghimpun peneliti asitektur yang ada di Indonesia," ungkap Zurnalis. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat