visitaaponce.com

10 Hari Lebih Hilang di Armina, Tiga Jemaah Haji Indonesia belum Ditemukan

10 Hari Lebih Hilang di Armina, Tiga Jemaah Haji Indonesia belum Ditemukan
Kepala Satuan Operasi Satgas Armina Harun Ar-Rasyid.(MCH 2023)

PANITIA Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi masih mencari tiga jemaah haji Indonesia yang dilaporkan hilang. Keberadaan mereka tidak diketahui sejak puncak haji di Arafah, Muzdalifah, Mina (Armina) yang berakhir 1 Juli lalu.

Ketiga jemaah yang masih hilang, yakni Niron Sunar Suna, jemaah kelompok terbang (kloter) 65 embarkasi Surabaya (SUB-65), Idun Rohim Zen bin Rohim kloter 20 asal embarkasi Palembang (PLM-20), dan Suhardi Ardi dari kloter 10 embarkasi Kertajati (KJT-10).

Hingga hari ini belum ada kabar ketiganya telah diketemukan. Diduga kuat para jemaah haji yang tergolong lanjut usia (lansia) tersebut menderita demensia.

Baca juga : Menag Minta Jemaah Lansia dan Risti Diprioritaskan Pulang di Gelombang Pertama

Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) PPIH Arab Saudi Harun Ar-Rasyid di Mekah, pada Sabtu (8/7/2023) lalu  mengatakan pihak sudah membentuk tim untuk melakukan pencarian.

Mereka mendatangi rumah sakit-rumah sakit Arab Saudi (RSAS) di Mekah. "Termasuk kita sweeping kembali daerah Arafah, Mina, dan Mudzalifah serta beberapa rumah sakit Makkah dan Jedah, " kata Harun yang juga Kepala Satuan Operasi Satgas Armina ini.

Baca juga : Paspor Hilang, Jemaah Lansia Asal Aceh ini Sempat Tertunda Pulang

Awalnya, ada 10 jemaah yang dilaporkan hilang. Namun tujuh jemaah berhasil ditemukan sehingga tersisa tiga jemaah yang masih dalam pencarian.

Menurut Harun, tim juga sudah menyambangi RS Atowari Mina untuk mengecek keberadaan tiga jemaah yang hilang. "Kami juga datang ke rumah sakit di Mekah, seperti Rumah Sakit Malik Abdul Aziz, lalu ke Makkah Medical Center (MMC), " tambah dia.

PPIH Arab Saudi juga membuat surat dan mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan untuk pelaporan ke kepolisian Arab Saudi. Harun tetap berharap ketiga jemaah haji yang hilang dapat ditemukan apa pun kondisinya.

Bila masih belum ditemukan sampai masa operasional haji selesai, pencarian akan dilanjutkan oleh Konsulat Jenderal RI di Jeddah.

"Nanti ada proses lanjut tentunya yang akan dikoordinasikan samlai ditemukannnya jemaah kita," tegas Harun.

Ia pun meminta doa dari masyarakat Indonesia agar upaya pencarian ketiga jemaah segera membuahkan hasil. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat