visitaaponce.com

Ini Dampak 2 Bibit Siklon Bagi Sejumlah Wilayah di Indonesia

Ini Dampak 2 Bibit Siklon Bagi Sejumlah Wilayah di Indonesia
Peringatan dini BMKG tentang dua siklon tropis di dekat wilayah Indonesia(Dok.BMKG)

DITEMUKAN dua bibit siklon tropis yang berada di dekat wilayah Indonesia saat ini. Hal itu berdampak secara tidak langsung terhadap cuaca di sejumlah wilayah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, bibit siklon tropis pertama yakni 95W saat ini mencapai intensitas depresi tropis dan diberi nama TD-a terpantau di Laut Cina Selatan sebelah barat Filipina bagian utara dengan kecepatan angin maksimum 30 knots dan tekanan udara 996 mb bergerak ke ara Barat Laut.

"Potensi tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah," kata BMKG, Sabtu (15/7).

Baca juga: BMKG Peringatkan Gelombang Setinggi 2 Meter di Perairan NTB Akhir Pekan

Bibit Siklon 95W terpantau berada di Samudera Pasifik sebelah utara Papua dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara 1009.1 bergerak ke arah Barat Laut.

Karena siklon itu, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Kepulauan Riau.

Baca juga: Kerap Terjadi Hujan di Awal Musim Kemarau, Ini Penjelasan BMKG

Lalu gelombang laut tinggi 1,25 sampai 2,5 meter berpotensi terjadi di Perairan Kepulauan Natuna, Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe sampai Kepulauan Talaud, Perairan Bitung sampai Likupang, Laut Maluku bagian utara, perairan selatan Sulawesi Utara.

Selanjutnya gelombang setinggi 2,5 sampai 4,0 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara, Samudera Pasifik utara Halmahera.

Selanjutnya bibit siklon 98 W berpotensi menyebabkan hujan sedang hingga lebat di Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Lalu gelombang laut tinggi 1,25 meter sampai 2,5 meter berpotensi terjadi di perairan Pulau Biak dan Samudera Pasifik utara Papua Barat hingga Papua.

"Diperkirakan bibit siklon tropis 98W dalam 24 jam ke depan untuk menjadi siklon tropis berada dalam kategori rendah," pungkas BMKG. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat