visitaaponce.com

Pemerintah Pastikan Kontingen Indonesia untuk Jambore Pramuka Dunia dalam Kondisi Baik

Pemerintah Pastikan Kontingen Indonesia untuk Jambore Pramuka Dunia dalam Kondisi Baik
Tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga memantau langsung kondisi kontingen Indonesia yang ikut Jambore Pramuka Dunia.(DOK KEMENPORA/IST)

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah mengirim tim untuk meninjau kondisi kontingen Indonesia untuk Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan (Korsel). Kontingen Merah Putih dilaporkan dalam kondisi baik dan aman. 

Tim yang diutus Menpora Dito Ariotedjo itu berisikan Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono, Plt Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Yohan, dan Asdep Kepramukaan Aris Subiyono. 

"Jadi untuk yang jambore itu kita melakukan monitoring dan meninjau langsung kontingen Indonesia. Saat ini mereka (kontingen) sudah aman dan dalam kondisi yang baik," ujar Alia. 

Stafsus Alia mengatakan kini kontingen Indonesia berada di Wonkwang University. Mereka dievakuasi dari Bumi Perkemahan Sae Man-Geum karena adanya ancaman Topan Khanun. 

Baca juga: Evakuasi Peserta Jambore Pramuka Korea Selatan di Tengah Ancaman Cuaca Ekstrem

“Mereka sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Pemerintah Korsel sangat peduli terhadap kontingen. Untuk saat ini kontingen Indonesia mengikuti agenda city tour di Kota Iksan,” jelas Alia. 

Pemerintah setempat disebutkan memberikan fasilitas yang layak. Tim medis terus bersiaga untuk memberi pertolongan jika ada rombongan yang mengalami sakit. 

“Kontingen Indonesia kan jumlahnya mencapai 1.586 orang. Semuanya dalam keadaan yang baik. Hanya saja ada satu orang asal Jawa Timur mengalami kurang fit dan sedang dalam penanganan. Mungkin efek dari cuaca panas,” jelasnya. 

Alia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim KBRI Seoul yang sangat tanggap terhadap apa yang dialami kontingen Indonesia.

Baca juga: Menlu: Kontingen Indonesia akan Dipindahkan dari Lokasi Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

“Terima kasih kepada tim dari KBRI yang selalu siaga. Semuanya dalam keadaan aman. Agenda mereka disini akan dilanjutkan. Panitia acara juga memberikan respons yang baik terhadap kontingen,” kata Alia. 

Plt Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Yohan berharap peristiwa ini akan menjadi catatan untuk negara selanjutnya yang menjadi tuan rumah yakni Polandia. Diharap kejadian serupa tidak terjadi lagi dan atau bisa diantisipasi. 

“Tentu ini jadi pengalaman dan catatan untuk tuan rumah selanjutnya di empat tahun yang akan datang. Kita bersyukur kontingen kita dalam keadaan baik. Rencananya nanti kontingen Indonesia akan balik ke Tanah Air pada 12 Agustus nanti,” pungkas Yohan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat