visitaaponce.com

Menlu Kontingen Indonesia akan Dipindahkan dari Lokasi Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

Menlu: Kontingen Indonesia akan Dipindahkan dari Lokasi Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi(AFP )

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan anak-anak yang menjadi peserta Jambore Pramuka Dunia, akan dipindahkan dari Saemangeum, Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan. Menlu menjelaskan di lokasi tersebut diprediksi akan ada badai Taifun Kanun yang terjadi pada 9 hingga 10 Agustus 2023.

Seperti diberitakan, Korea Selatan menjadi tempat Jambore Pramuka Sedunia 2023. Namun, acara itu dihentikan karena cuaca panas, fasilitas yang tidak memadai serta sejumlah peserta dilarikan ke rumah sakit karena terpapar cuaca panas.

"Jadi tadi setelah pertemuan saya, melaporkan kembali kepada bapak presiden hasil pembicaraan. Kalau kemarin saya sudah laporkan, tadi pagi 2 kali saya berkomunikasi dengan tim kita yang da di Seoul dan di lapangan," terang Menlu sesuai menghadiri pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8). OKI merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara berpenduduk muslim.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Kontingen Indonesia di Jambore Dunia Dipulangkan dari Korea Selatan

Menlu menjelaskan pemerintah Indonesia di Korea Selatan, berencana akan memindahkan anak-anak peserta Jambore Dunia ke lokasi lain. Itu dilakukan mengantisipasi datangnya Taifun di wilayah Jeolla Utara.

"Karena itu ada rencana baru yang sudah dibikin dan anak-anak kita menurut rencana akan mulai dipindahkan besok (8/8)," tutur Menlu.

Baca juga: Topan Mendekat, Jambore Pramuka di Korea Selatan Dipercepat

Selasa (8/8), imbuh Menlu, pada siang atau sore, tim dari Kedutaan Besar RI di Seoul, akan membantu mencari bus untuk memindahkan kontingen Indonesia yang ikut dalam jambore. Tim pramuka, terangnya, akan dibantu oleh tim KBRI.

"Jadi kita doakan saja bahwa proses pemindahan itu akan berjalan dengan lancar dan juga anak-anak selamat," papar Menlu.

Menlu belum dapat menjawab kontingen Indonesia akan dipindahkan dari Jeolla Utara ke provinsi mana. Pasalnya ia mengatakan masih berkoordinasi dengan otoritas setempat. Menlu juga menegaskan bahwa anak-anak peserta jambore belum akan dipulangkan ke Indonesia.

"Besok baru akan dipindahkan. Waktu saya tanya mau dipindahkan ke mana mereka sedang berkomunikasi dan berkonsultasi dengan otoritas setempat di Korea Selatan," tutur Menlu. (Ind/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat