visitaaponce.com

Hadiri Haul ke-514 Sunan Bonang, Wapres Ingatkan Kembali Pentingnya Merawat Toleransi

Hadiri Haul ke-514 Sunan Bonang, Wapres Ingatkan Kembali Pentingnya Merawat Toleransi
Wapres mengingatkan pentingnya menjaga toleransi seperti yang dicontohkan Sunan Bonang.(Dok.Setwapres)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri Haul ke-514 Raden Maulana Makdum Ibrahim atau lebih dikenal dengan Sunan Bonang di Alun-Alun Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (10/8). Pada kesempatan itu, wapres menyinggung kembali soal pentingnya merawat toleransi di Indonesia. Sebagaimana dicontohkan para wali termasuk Sunan Bonang yang melakukan pendekatan menggunakan kebudayaan dan kesenian lokal dalam berdakwah menyebarkan ajaran Islam sehingga bisa diterima masyarakat Jawa saat itu.

Wapres mengatakan sejarah Islam nusantara telah mengukir kiprah Sunan Bonang sebagai salah satu Wali Songo (Sembilan Wali) yang menebar syiar Islam di tanah Jawa pada abad ke-14 Masehi.

"Semoga kita semua dan saya mendapatkan keberkahan dari beliau khususnya Sunan Bonang dan para wali sekalian," ujar Wapres dalam sambutannya. Turut hadir Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Kiai Said Aqil Siraj serta Bupati Tuban Aditya Hendra Rizky.

Baca juga: Wacana Yenny Wahid Bakal Jadi Cawapres Anies, Wapres : Tidak Masalah

Para wali, imbuh wapres, dicintai oleh masyarakat dan disebut-sebut tentang kebaikan mereka. Walaupun telah wafat, termasuk Sunan Bonang, tetapi selalu dicintai. Pada Peringatan Haul Sunan Bonang, imbuh wapres, banyak orang datang ke makamnya. Para wali, memberikan berkah tidak saja semasa hidup mereka.

"Dari mana-mana bukan hanya dari Tuban tapi juga dari berbagai daerah. Bukan saja di waktu hidupnya tetapi juga pada waktu wafatnya," tutur wapres.

Baca juga: Wapres Tegaskan Pemerintah tidak akan Intervensi Putusan Ringan Ferdy Sambo

Para wali, sambung wapres, menyebarkan agama Islam di Indonesia dan tanah Jawa. Wapres menuturkan Indonesia tergolong sebagai masyarakat paling toleran. Toleransi di Indonesia, ujar wapres, menjadi contoh praktik baik bagi negara Islam lain. Prinsip toleransi yang dipegang masyarakat Indonesia menurutnya tidak lepas nilai-nilai luhur yang diajarkan dan dipraktikkan di Indonesia.

"Sekarang ini sedang dibangun kehidupan yang toleran di antara umat manusia bagaimana membangun kehidupan yang toleran tidak bermusuhan di dunia. Oleh karena itu mereka katakan ternyata yang paling toleran di dunia itu orang Indonesia," tutur wapres.(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat