visitaaponce.com

Polusi Udara Bisa Timbulkan Kematian

Polusi Udara Bisa Timbulkan Kematian
Polusi udara di Jakarta(MI/Usman Iskandar)

Polusi udara bisa menyebabkan kematian. Pernyataan tersebut disampaikan Guru Besar Universitas Yarsi Tjandra Yoga Aditama dengan berlandaskan data World Health Organization (WHO). WHO mencatat polusi udara berhubungan dengan 6,7 juta kematian di dunia pada 2019.

"Dari 6,7 juta itu, polusi udara ambien atau di luar ruangan diperkirakan oleh WHO menyebabkan 4,2 juta kematian pada 2019. Sisanya karena polusi udara dalam ruangan," ujar Tjandra, Rabu (16/8).

Sementara itu, jurnal kesehatan terkemuka dunia, Lancet, juga merilis hal serupa. Dari penelitian yang dilakukan, Lancet mencatat ada sekitar 9 juta kematian dalam satu tahun akibat polusi udara.

Baca juga: Pembenahan Transportasi Solusi untuk Atasi Polusi di Ibu Kota

Polusi udara menjadi penyebab 1 dari 6 kematian di dunia. Artinya, 17,8% kematian di India pada 2019 terjadi akibat polusi udara," ucapnya.

Dengan data-data itu, Tjandra menegaskan bahwa WHO secara tegas menyebutkan bahwa polusi udara adalah salah satu ancaman lingkungan terbesar bagi kesehatan.

Baca juga: KPAI Dukung WFH Agar Anak Terlindungi dari Polusi Udara Jakarta

"Dengan menurunkan kadar polusi udara, negara-negara di dunia, termasuk Indonesia tentunya, akan dapat menurunkan beban penyakit dari penyakit-penyakit stroke, gangguan jantung, kanker paru serta penyakit paru dan pernapasan akut dan kronik," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat