visitaaponce.com

Komitmen Uhamka untuk Kontribusi Penurunan Kemiskinan di Indonesia

Komitmen Uhamka untuk Kontribusi Penurunan Kemiskinan di Indonesia
LPPM UHAMKA menggelar Webinar Nasional Sustainable Development Goals (SDGs).(Ist/Uhamka)

LEMBAGA Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) adakan  kegiatan Webinar Nasional Sustainable Development Goals (SDGs) dengan tema “Kontribusi Pengabdian Masyarakat dalam Capaian SDGs” yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan chanel YouTube LPPM Uhamka, Rabu (16/8).

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum selaku Rektor Uhamka, Dr. Gufron Amirullah, M.Pd selaku Ketua LPPM UHAMKA, Dr. Katiman selaku Asisten Deputi Penanganan Kemiskinan Kemenko PMK RI, Fitriana Dina Rizkina, S.T.P, M.Sc. selaku pengembang Smart Eco Roasting Best Practice Kedaireka”, serta segenap stakeholder Uhamka lainnya.

Dr. Gufron Amirullah, M.Pd selaku Ketua LPPM Uhamkamenyampaikan bahwa webinar nasional ini dimaksudkan agar kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen-dosen dan mahasiswa Uhamka juga bermuara pada program SDGs dan mendukung percepatan pembangunan pilar sosial.

Baca juga: Uhamka Raih Peringkat 9 Universitas Islam Terbaik Dunia

Pembangunan pilar sosial di antaranya (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender, dan Pilar Ekonomi diantaranya (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa kami laksanakan secara terus menerus. maka dari itu, kegiatan Webinar Nasional kali ini dapat bermanfaat untuk kami di LPPM bagi para dosen Uhamka dan peserta webinar lainnya,” ujar Gufron.

Arahkan Kegiatan pada Pencapaian SDGs

LPPM UHAMKA berupaya mengarahkan kegiatan pengabdian masyarakat dosen dan KKN mahasiswa pada capaian SDGs.

“Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya melibatkan dosen-dosen tetapi mahasiswa pun kami libatkan untuk menjadi para pengabdi di lokasi-lokasi mitra,” tambah Gufron.

Baca juga: Dapat Sertifikat ISO, Uhamka Tingkatkan Pelayanan Prima

Oleh karena itu, Gufron berharap LPPM ke depannya dapat menjadi penghela kegiatan-kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dalam mencapai tujuan SGDs

Dalam hal ini, Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum selaku Rektor Uhamka menyampaikan bahwa Uhamka melalui LPPM akan berupaya terlibat secara langsung, dan telah mempersiapkan penilaian yang dilakukan Lembaga SDGs. 

“Sebagai yang kita ketahui Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan program yang telah disepakati lebih dari 190 negara, salah satunya program yang menekankan pada hak asasi manusia agar diskriminasi tidak terjadi dalam penanggulangan kemiskinan dalam segala dimensinya. 

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Universitas Mercu Buana Remajakan Bangunan

SDGs merupakan program yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah dan parlemen, filantropi dan pelaku usaha, pakar dan akademisi, serta organisasi kemasyarakatan dan media”.

Secara tidak langsung Uhamka telah melakukan kegiatan SDGs melalui LPPM maupun AIK dan Lembaga lainnya di UHAMKA, seperti pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, kemiskinan, dan ekonomi.

“Kami telah memilih tujuh tujuan pembangunan berkelanjutan SDGs yang akan menjadi fokus Uhamka, (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dan (7) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan” tutur Gunawan. (RO/S-4) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat