visitaaponce.com

Lari Lintas Juang Labschool Merawat Tradisi Pejuang

Lari Lintas Juang Labschool Merawat Tradisi Pejuang
Lari Lintas Juang Labschool.(HO)

SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, sekolah Labschool kembali menggelar lari pagi 'Lari Lintas Juang (Lalinju)' dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Kamis (17/8). Kegiatan yang menjadi budaya sekolah ini terus dipelihara dan dijaga untuk menanamkan jiwa patriotisme dan pantang menyerah di kalangan siswa.

Lalinju yang dimulai dari TMP Kalibata, Jakarta Selatan ini diikuti calon pengurus OSIS dan MPK dari SMP dan SMA Labschool Jakarta, Kebayoran, Cibubur, dan Cirendeu, serta seluruh pengurus OSIS MPK yang akan purna bakti. Tahun ini anggota Rohis SMA turut berpartisipasi.

Dari TMP Kalibata, para peserta kemudian dilepas menuju empat penjuru Labschool yaitu Rawamangun, Kebayoran, Cibubur dan Cirendeu. Jarak yang ditempuh siswa SMA sekitar 17 kilometer, sedangkan untuk siswa SMP sekitar 8 kilometer. Jarak ini merupakan simbolisasi tanggal kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 1945. Selama kegiatan, peserta  didampingi patwal dari TNI maupun Polri serta tim medis.

Kepala BPS Labschool Achmad Ridwan mengatakan tujuan dari Lalinju ini adalah penanaman kepada diri kita atas perjuangan para pahlawan. Dikatakan, dengan mengikuti kegiatan ini, kita bisa merasakan kepahitan atau kegetiran para pejuang untuk menjadikan Indonesia yang merdeka. "Selalu ingat jasa para pahlawan seperti yang digaungkan oleh Bung Karno, jangan sekali-kali melupakan sejarah," ujarnya.

Sebelum Lalinju dimulai, peserta melakukan salat subuh berjamaah yang dilanjutkan dengan apel pagi. dengan Pembina Upacara Komjen (Purn) Susno Duadji. Dalam sambutannya, Susno mengatakan melalui Lari Lintas Juang ini para siswa dididik menjadi calon-calon pemimpin di masa mendatang. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat