visitaaponce.com

Menkes Ajak Negara ASEAN Perkuat Keamanan Kesehatan Regional

Menkes Ajak Negara ASEAN Perkuat Keamanan Kesehatan Regional
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin(ANTARA/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak negara-negara ASEAN lebih memperhatikan sektor kesehatan. Ajakan itu berkaca dari pengalaman dunia menghadapi pandemi covid-19.

"Mendorong negara kawasan untuk mengalihkan fokus dari tanggap darurat ke penguatan keamanan kesehatan regional," kata Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8).

Budi mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencabut status darurat kesehatan masyarakat. Hal itu supaya seluruh negara bisa fokus memperkuat keamanan kesehatan regional.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Pencegahan Potensi Pandemi Baru di Masa Depan

"Untuk menghadapi kesehatan masyarakat di masa depan sehingga meningkatkan stabilitas dalam solidaritas," papar eks Wakil Menteri BUMN itu.

Budi menyebut dampak pandemi covid-19 sangat luar biasa. Pelajaran selama pandemi perlu menjadi bahan evaluasi di ASEAN untuk membangun momentum menuju pemulihan yang kuat dan berkelanjutan.

"Dengan berfokus pada penguatan kapasitas respons prevention, preparedness and response (PPR) pandemi di ASEAN," jelas dia.

Baca juga : Menkes Minta Sistem Kekarantinaan dan Surveilans Diseragamkan

Budi optimistis ASEAN mampu mengintegrasikan seluruh aspek tersebut. Sehingga ASEAN bisa menjadi kekuatan yang utuh dan berkelanjutan.

"ASEAN menjadi salah satu kawasan yang dapat pulih lebih cepat baik dari sisi kesehatan maupun pembiayaan," pungkas dia. (Z-1)

Baca juga : Dikejar Waktu Turunkan Angka Stunting

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat