visitaaponce.com

Daftar Bahan Alami Mengusir Nyamuk

Daftar Bahan Alami Mengusir Nyamuk
Bahan-bahan berikut bisa menjadi bahan alami untuk mengusir nyamuk yang mengganggu.(Freepik)

SUARA dengungan nyamuk sangat menganggu. Apalagi kalau nyamuknya lebih dari satu, tentunya tidak membuat nyaman.

Ternyata, nyamuk cenderung muncul dalam jumlah yang banyak dikarenakan sejumlah faktor yang berperan dalam menarik mereka. Salah satu alasannya adalah aroma yang dihasilkan oleh manusia, seperti bau tubuh dan hembusan napas yang mengandung karbondioksida. Nyamuk memiliki kemampuan untuk mendeteksi sumber karbondioksida ini dari jarak jauh, sehingga ketika ada manusia di sekitar, mereka menjadi lebih tertarik untuk mendekat.

Selain itu, suhu dan kelembaban juga memainkan peran penting. Nyamuk lebih aktif pada suhu yang hangat dan di lingkungan yang lembap. Pada malam hari, ketika suhu cenderung lebih sejuk dan kelembaban meningkat, nyamuk juga cenderung lebih aktif.

Baca juga: Warga Diingatkan untuk Memeriksa Kandungan Bahan Aktif Obat Nyamuk

Pemikat visual juga bisa menjadi faktor. Nyamuk tertarik pada benda-benda yang berwarna gelap seperti hitam dan biru. Itulah sebabnya mengapa mereka sering terlihat mengerumuni pakaian berwarna gelap.

Untuk menekan populasi nyamuk yang ada di lingkungan rumah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami. Di antaranya minyak kayu putih lemon, lavender, minyak kayu manis, minyak thyme dan sereh.

Baca juga: Buleleng Jadi Proyek Percontohan Wolbachia untuk Basmi DBD

Bahan Alami Pengusir Nyamuk

1. Minyak Kayu Putih Lemon

Obat nyamuk ini telah digunakan sejak 1940-an dan 95% efektif memberikan perlindungan tubuh selama 3 jam. Cara membuatnya dengan mencampur minyak kayu putih lemon dan minyak bunga matahari. Balurkan campuran tersebut ke seluruh tubuh untuk memberikan perlindungan maksimal. Meski terbuat dari bahan alami, tidak disarankan memberikan minyak kayu putih lemon pada anak berusia di bawah 3 tahun.

2. Bunga Lavender

Bunga lavender yang sudah dihancurkan bisa menjadi obat nyamuk alami. Tanaman ini bersifat analgesik, antijamur, dan antiseptik. Artinya, selain mencegah gigitan nyamuk, bunga ini juga efektif menenangkan dan menyejukkan kulit. Cara membuatnya dengan menghancurkan lavender dan oleskan sari bunga ke area tubuh yang terbuka seperti tangan, kaki atau leher. Kamu juga bisa meneteskannya ke bantal atau sprei untuk memberikan perlindungan maksimal.

3. Minyak Kayu Manis

Cara membuat obat nyamuk dari minyak kayu manis adalah mencampurkan dengan ¼ sendok teh (24 tetes) minyak dengan 4 ons air. Campuran ini bisa disemprotkan langsung ke kulit, pakaian atau ruangan di dalam rumah. Disarankan untuk berhati-hati saat mengoleskan minyak ke kulit. Sebab, campuran yang terlalu kental meningkatkan risiko iritasi kulit. Jika setelah menggunakan terjadi ruam atau gatal, segera hentikan penggunaan dan bersihkan kulit dengan air.

4. Minyak Thyme

Thyme efektif mengusir nyamuk yang menjadi penyebab malaria. Obat nyamuk alami ini bisa digunakan dalam tiga cara. Pertama, bakar daun tyme. Asap dari pembakaran daun efektif membunuh nyamuk. Cara kedua, campurkan 4 tetes minyak thyme dengan satu sendok minyak zaitun atau jojoba, kemudian minum. Terakhir, campurkan 5 tetes minyak thyme dengan 2 ons air. Larutan ini bisa digunakan sebagai semprotan nyamuk.

5. Sereh

Sereh atau citronella adalah minyak esensial alami yang efektif melawan nyamuk. Caranya dengan membakar sebatang serai di dalam ruangan. Asapnya bisa memberikan perlindungan ekstra hingga 50%.

6. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh bersifat antiseptik, antimikroba dan antiinflamasi yang efektif mengusir nyamuk di sekitar rumah. Cara membuatnya dengan mencampur beberapa tetes minyak pohon teh dan air. Masukkan campuran ini ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan cairan ke lingkungan rumah.

7. Minyak Peppermint

Cara mengusir nyamuk yang selanjutnya adalah menggunakan minyak peppermint. Tidak hanya memiliki senyawa kimia yang dapat mengusir nyamuk, minyak peppermint juga akan membuat ruangan berbau segar khas mint.

8. Bawang Putih

Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Hal ini karena bawang putih memiliki bau khas yang menyengat sehingga nyamuk enggan mendekat. Caranya pun cukup mudah, hanya perlu menghancurkan beberapa siung bawang putih, merebusnya dalam air dan menuangkan larutan ini ke dalam botol. Lalu, semprotkan cairan bawang putih ini ke seluruh ruangan di rumah untuk mengusir nyamuk.

Semoga bermanfaat! (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat