visitaaponce.com

10 Obat Alami untuk Atasi Sariawan

10 Obat Alami untuk Atasi Sariawan
Ilustrasi sariawan.(123RF)

SARIAWAN menjadi suatu kondisi umum yang kerap dialami oleh banyak orang, meskipun tidak membahayakan, tapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat sedang makan dan berbicara.

Sariawan sendiri merupakan kondisi yang dapat menyerang siapa pun dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk jamur, infeksi, cedera, alergi atau bahkah karna tergigit saat makan. Meskipun biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, sariawan di lidah dapat menyebabkan rasa perih yang mengganggu dan membuat aktivitas berbicara serta makan menjadi sulit.

Untuk mengatasi sariawan, beberapa bahan alami seperti garam, madu, hingga soda kue dapat dimanfaatkan dengan tujuan mempercepat proses penyembuhan.

Berikut cara atasi sariawan dengan bahan alami.

1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada sariawan.

Caranya sebagai berikut: 

Campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. 
Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur selama sekitar 30 detik, lalu buang. 
Ulangi proses hingga 3-4 kali sehari.

Baca juga: Sariawan, Salah Satu Gejala Seseorang Terkena Diabetes

2. Madu

Madu menjadi cara alami untuk menyembuhkan sariawan, madu dapat menjaga kelembaban area sariawan dan juga bibir. Caranya cukup dengan mengoleskan madu ke tempat sariawan berada. Madu memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada sariawan.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sariawan. Caranya mirip dengan penggunaan madu, di mana cukup mengoleskan sedikit minyak kelapa secara langsung tepat pada sariawan berada.

4. Soda Kue

Dalam soda kue juga memiliki sifat antimikroba, menenangkan, dan penyembuh. Untuk mengatasi sariawan dengan cepat, dapat mencampur sedikit soda kue dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta soda kue langsung pada luka sariawan dan biarkan beberapa menit sebelum berkumur.

5. Minyak Cengkeh

Agar sariawan cepat sembuh, dapat juga diobati dengan mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada sariawan menggunakan kapas. Minyak cengkeh ini memiliki sifat analgesik dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan memberantas mikroorganisme.

6. Es Batu

Jika terganggu oleh rasa sakit sariawan, cobalah untuk kompres dengan es batu. Hal ini bisa menjadi solusi yang efektif. Biarkan es batu tersebut berada pada area sariawan selama beberapa saat hingga rasa sakitnya berkurang. Alternatifnya lainnya, jika tidak ada es batu berkumurlah dengan air dingin. Hal ini juga merupakan cara efektif untuk meredakan rasa sakit akibat sariawan.

7. Minum Air Putih

Minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk membantu proses pencernaan dan mencegah mulut kering. Disarankan untuk memilih air mineral alkali dengan kadar pH normal, karena dapat menetralkan kondisi tubuh yang asam akibat konsumsi makanan pedas dan asam.

8. Kompres dengan Teh Celup

Terdapat pula metode unik yang diyakini dapat mengatasi sariawan, yaitu menggunakan teh celup. Daun teh dianggap memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan menetralkan asam di mulut. Caranya cukup dengan menempelkan teh celup pada area sariawan dan membiarkannya selama beberapa menit. 

9. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk merawat kecantikan rambut, tetapi juga dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi sariawan. Kandungan antiinflamasi dan sifat menenangkan pada lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan, bahkan bisa mencegahnya kembali. 

Baca juga: Waspada! Bahaya Kanker Mulut Bisa Merengut Nyawa, Begini Penjelasannya

Penggunaannya pun cukup mudah, dengan mengoleskan lidah buaya langsung ke area sariawan dan membiarkannya selama 20 menit, setelah itu membilas mulut dengan air hangat. Tindakan ini dapat diulangi beberapa kali sehari hingga sariawan benar-benar sembuh. Jika suka dan tidak keberatan, minum jus lidah buaya sebanyak 3-4 kali sehari juga dapat membantu dalam proses penyembuhan sariawan.

10. Chamomile

Chamomile atau tanaman bunga yang sering diolah menjadi teh, memiliki khasiat antiseptik dan anti radang yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka serta mengurangi rasa sakit. 

Penggunaan kantong teh chamomile yang dibasahkan dengan air hangat dapat diaplikasikan sebagai kompres pada sariawan selama beberapa menit. Selain itu, kamu juga dapat melakukan berkumur dengan teh chamomile hingga tiga sampai empat kali sehari. Jika ingin mengkonsumsinya, teh chamomile bisa dicampurkan dengan madu sebelum diminum. 

Penting untuk diingat bahwa sariawan meskipun umum, dapat memerlukan perhatian khusus terutama jika gejalanya persisten atau memburuk. Jika mengalami keluhan yang serius, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat