visitaaponce.com

Rektor Takayama College of Car Jepang Puji SMKN Jateng Kurikulumnya Sangat Bagus, Lulusannya Disiplin

Rektor Takayama College of Car Jepang Puji SMKN Jateng: Kurikulumnya Sangat Bagus, Lulusannya Disiplin
Rektor Takayama College of Car Technology Prof Sakai Susumu(PEMPROV JATENG)

SEKOLAH Boarding gratis yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yakni SMKN Jateng menuai apresiasi dunia internasional. Di antaranya dari kampus di Jepang.

Rektor Takayama College of Car Technology Prof Sakai Susumu mengatakan, SMKN Jateng adalah sekolah yang memiliki kurikulum bagus. Selain mengajarkan keterampilan untuk siswanya, sekolah itu juga mengajarkan tentang pentingnya kedisiplinan.

"Untuk itu kami tertarik bekerja sama dengan SMKN Jateng, di mana lulusannya mendapat beasiswa kuliah di kampus kami. Kami sangat tertarik dengan SMKN Jateng karena siswanya tak hanya terampil, namun juga memiliki kedisiplinan yang tinggi," kata Prof Sakai Susumu saat menghadiri undangan Presiden Joko Widodo di SMKN Jateng, Rabu (30/8).

Baca juga: Sepotong Baju Antarkan Siswi SMKN 4 Kota Jambi ke Istana

SMKN Jateng lanjut Sakai, memiliki kurikulum yang sangat bagus. Kultur yang ada di sekolah gagasan Ganjar Pranowo itu sangat mirip dengan kultur masyarakat di Jepang. "Kultur di SMKN Jateng mirip dengan kultur kami di Jepang, siswanya sangat disiplin dan begitu mementingkan keselamatan kerja," jelasnya.

Ia mengatakan, sudah melihat sendiri bagaimana sistem pembelajaran di SMKN Jateng. Untuk itu, pihaknya tertarik bekerja sama menampung para lulusan SMKN Jateng untuk kuliah di Takayama College of Car Technology di Jepang.

"Tujuan kami mencari bibit dari SMKN Jateng untuk belajar otomotif di kampus kami, bukan hanya disiapkan untuk bekerja, tapi mereka juga disiapkan untuk kembali ke Jateng dan mengaplikasikan ilmunya pada adik-adiknya di SMKN Jateng ini," pungkas Sakai.

Baca juga: Cegah Hoaks, Dosen UPNVJ Edukasi Siswa SMA dan SMK di Depok

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo berkunjung ke SMKN Jateng, Rabu (30/8). Didampingi ibu negara dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jokowi melihat fasilitas dan ngobrol bersama siswa dari sekolah yang digagas Ganjar itu.

"Saya kira ini sebuah inisiatif yang sangat bagus dari pak Ganjar. Dulunya ini gedung BLK, kemudian digeser jadi SMK dan khusus untuk keluarga miskin," kata Jokowi.

Program itu lanjut Jokowi sangat bagus karena khusus untuk anak kurang mampu dan tidak dipungut biaya. Justru, siswa yang belajar di sekolah itu dibiayai oleh Pemprov Jateng. "Seragam, sepatu, makan dan lain-lain semua dibiayai Pemprov Jateng. Karena ini boarding school ya, jadi sangat bagus.," ucap Jokowi.

Baca juga: Ganjar Bangun Sekolah Gratis di Daerah Terpencil Jateng

Jokowi juga mengatakan bahwa program SMKN Jateng boarding school untuk siswa kurang mampu karya Ganjar ini bisa dijadikan program nasional. Ia akan memerintahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk datang dan mereplika program itu ke tingkat nasional.

"Ini bisa diperluas di provinsi yang lain untuk keluarga yang tidak mampu. Nanti pak Mendigbud biar ke sini,  kalau menurut saya bisa (diterapkan ke nasional). Saya melihat bagus," pungkas Jokowi. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat