visitaaponce.com

Bacaan Ayat Seribu Dinar Latin, Arab, Arti

Bacaan Ayat Seribu Dinar Latin, Arab, Arti
Ilustrasi.(Antara.)

AYAT seribu dinar menjadi salah satu banyak keutamaan dari sekian banyak ayat dalam Al-Quran. Ayat seribu dinar merupakan bagian akhir ayat dua dan seluruh ayat tiga dalam Surat At-Talaq. Mengamalkan ayat ini diyakini memperlancar rezeki seseorang dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Ayat ini mengandung beberapa keutamaan yang dikutip dari baznas.go.id. Salah satunya ialah meningkatkan ketakwaan dengan taat terhadap perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Bagi mereka yang taat, Allah akan memberikan rezeki dari arah yang tak terduga serta membukakan jalan dari segala urusan. Rezeki yang didapat tidak hanya bersifat materi, melainkan bersifat spiritual layaknya ketenangan, kelapangan, dan kepuasan hati.

Baca juga: Doa-Doa Mohon Rezeki dan Kaya yang Dipanjatkan Rasulullah

Berikut bacaan ayat seribu dinar dalam bahasa arab, latin, beserta artinya yang dapat kamu amalkan.

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ

اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Wa may yattaqillāha yaj'al lahụ makhrajā. Wa yarzuqhu min ḥaiṡu lā yaḥtasib. Wa may yatawakkal 'alallāhi fahuwa ḥasbuh. Innallāha bālighu amrih. Qad ja'alallāhu likulli syai'in qadrā.

Baca juga: Doa Minta Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa

Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia mencukupinya. Sesungguhnya Allah akan mencapai urusan-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan bagi tiap-tiap sesuatu ketentuan. (QS At-Talaq: 2-3)

Maksud dari ayat, "Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak dia duga," menurut Ibnu Katsir, orang yang bertakwa kepada Allah dengan menjalankan seluruh perintah dan menjauhi segala larangan-Nya niscaya Dia akan memberi rezeki dari arah yang tidak pernah terbesit dalam hatinya.

Baca juga: Buka Rezeki, Baca Selawat Khidiriyah Ijazah dari para Kiai

Pada Kitab Al-Musnad disebutkan dari Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas, dari ayahnya, dari kakeknya, Abdullah bin Abbas, dia berkata, "Rasulullah bersabda, 'Barang siapa banyak beristighfar (memohon ampunan), Allah akan menjadikan baginya setiap kesusahan menjadi kemudahan, setiap kesempitan menjadi kelapangan, dan akan Dia karuniai rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.'"

Hadis di atas merupakan penguat tafsir ayat seribu dinar. Dari yang ditafsirkan oleh Ibnu Katsir dapat disimpulkan bahwa ayat seribu dinar mengandung beberapa keutamaan.

1. Allah memberikan jalan keluar bagi setiap permasalahan bagi mereka yang bertakwa.

Bagi mereka yang benar bertakwa kepada Allah, Dia akan memberikan jalan keluar bagi mereka ketika dihadapkan dengan masalah. Oleh karena itu, tingkatkanlah ketakwaan, niscaya setiap permasalahan yang sedang dihadapi dalam hidup kita akan diberikan jalan ke luar.

Hadis Nabi yang menguatkan ayat ini yaitu banyak istighfar. Istighfar dapat mengurangi dosa dan hal-hal yang menghapus amal ibadah. Istighfar juga sebagai cara seseorang untuk bertaubat. Bila sudah bertaubat, langkah selanjutnya ialah takwa. Apabila sudah bertakwa, akan memperoleh yang dimaksud dari ayat ini.

2. Allah memberikan rezeki bagi orang yang bertakwa melalui jalan yang tidak disangka-sangka.

Yang dimaksud tidak disangka-sangka ialah melalui jalan yang tidak terpikirkan sama sekali oleh orang yang telah bertakwa. Mereka yang bertakwa selama hidupnya tidak kekurangan rezeki sebab Allah telah mencukupinya.

3. Pentingnya bertakwa kepada Allah.

Menjalankan perintah Allah harus dilandasi hati yang ikhlas dan dilakukan sesuai dengan syariat Islam dengan aliran mazhab yang dianut. Salah satu hal bertakwa yang disenangi oleh Allah yaitu dengan melakukan ibadah sunah seperti salat fardu dan menjauhi segala larangan-Nya, terutama dosa-dosa besar seperti syirik, durhaka kepada orangtua, membunuh, berzina, dan mencuri.

4. Allah yang menetapkan segala sesuatu.

Sebagai orang beriman yang taat akan ajaran Allah kita harus mengakui akan kuasa besar yang dilimpahkan kepada kita sesuai dengan ketetapan-Nya, termasuk rezeki dan pertolongan untuk segala masalah yang dihadapi oleh setiap orang. Jagalah Allah maka dipastikan kamu akan mendapatkan-Nya di hadapanmu dengan mengikuti segala ajaran-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

5. Dosa menghalangi rezeki.

Perbuatan dosa bukanlah perbuatan orang yang bertakwa kepada Allah. Ini karena dosa dapat menghalangi rezeki yang akan datang dan mengundang berbagai macam musibah.

Waktu mustajab membaca ayar seribu dinar

1. Setelah salat subuh.

Waktu subuh merupakan waktu yang tepat ketika terbangun dari tidur untuk membaca doa afirmasi positif yang terkandung dalam arti ayat seribu dinar. Ini akan mampu terserap dengan baik dalam pikiran.

2. Ketika hendak berangkat kerja.

Sebelum berangkat bekerja dianjurkan untuk membaca ayat seribu dinar agar memberikan inspirasi positif dalam pekerjaan yang akan dilakukan. Dengan membaca ayat ini, akan diberikan kelancaran, kemudahan, dan keberkahan dalam bekerja.

3. Setelah salat tahajud.

Sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang tepat agar doa kita terkabul. Dianjurkan kamu untuk mengamalkan ayat seribu dinar ini di waktu setelah salat tahajud agar doa tulus yang kita panjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

4. Waktu sahur.

Pada saat waktu menjelang subuh, rahmat Allah turun ke langit dunia untuk mengabulkan doa. Ketika Ramadan, kamu dapat mengamalkan ayat seribu dinar karena saat bulan puasa merupakan waktu yang baik supaya terkabulkan segala doa.

5. Pada saat gelisah dengan masalah finansial.

Pada waktu kamu merasa gelisah terkait masalah finansial karena utang yang mendesak atau banyaknya kebutuhan yang belum tercukupi, dianjurkan membaca ayat dinar sebanyak 33 kali setiap hari.

Dengan mengikuti anjuran tersebut niscaya Allah akan memberikan jalan keluar terbaik secara tak terduga bagi kamu yang sedang gelisah karena masalah finansial dan diberikan ketegaran serta ketenangan dalam menghadapi hal tersebut. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat