visitaaponce.com

Fakultas Bahasa dan Seni UNJ Gelar Pelatihan untuk Dorong Pariwisata Cidahu

Fakultas Bahasa dan Seni UNJ Gelar Pelatihan untuk Dorong Pariwisata Cidahu
Tim Kolaboratif Pengabdian dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) memberikan pelatihan kepada warga Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.(Istimewa)

Tim Kolaboratif Pengabdian dari Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), melakukan pelatihan ke Desa Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (16/9).

Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Miftahulkhairah Anwar mengungkapkan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat terkait penulisan dan penjelajahan budaya di sekitar mereka. Diharapkan, dengan bekal ilmu tersebut, nantinya masyarakat bisa memanfaatkan secara maksimal desa mereka yang memiliki potensi besar di sektor pariwisata.

“Program pengabdian ini mencakup dua kegiatan besar, yaitu lokakarya kepenulisan kreatif bagi siswa dan guru SMK Ar Rahma, serta pelatihan multimedia dan literasi digital. Semua itu dimaksudkan untuk mempromosikan Desa Cidahu sebagai desa pariwisata,” ujar Miftahulkhairah melalui keterangan tertulis, Minggu (17/9).

Baca juga: Gandeng Desa Banaran, Universitas BSI Raih Hibah Matching Fund 2023

Di tempat yang sama, Kepala sekolah SMK Ar Rahma, Erli Megawati, mengaku sangat senang dengan kunjungan tim pengabdian FBS UNJ. ia mengatakan para siswa-siswi menjadi lebih termotivasi untuk menulis.

Setelah hadir di SMK Ar Rahma, Tim Kolaboratif FBS UNJ berkunjung di Serambi Edukasi Cidahu dan menggelar pelatihan multimedia dan literasi digital.

Baca juga: 8 Politeknik Negeri Indonesia Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Tiongkok

Pelatihan multimedia dan literasi digital difokuskan pada pembuatan produk yang berbasis desain. Diharapkan dari pelatihan tersebut, generasi muda Desa Cidahu dapat membuat produk desain secara produktif untuk menyosialisasikan keindahan desa mereka.

Adapun, Tim kolaboratif pengabdian terdiri dari beberapa dosen FBS UNJ, yakni Miftahulkhairah Anwar (Tim Pengabdian S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia), Helvy Tiana Rosa (Tim Pengabdian S-1 Sastra Indonesia), Venus Khasanah (Tim Pengabdian S-1 Sastra Indonesia), dan Asep Supriyana (Tim Pengabdian S-1 Sastra Indonesia).

Selain itu, ada dua mahasiswa pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ, yaitu Iqbal Ifada dan Bagus Sulistio, yang turut berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program tersebut. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat