visitaaponce.com

Kenali Disease X, Pandemi Baru yang sedang dalam Perjalanan

Kenali Disease X, Pandemi Baru yang sedang dalam Perjalanan
Ilustrasi virus yang bisa menyebabkan pandemi.(Freepic/Kjpargeter)

PARA ahli kesehatan global khawatir pandemi besar berikutnya sudah dalam perjalanan. Disease X yang berpotensi merenggut nyawa 50 juta orang di dunia ini dikatakan akan lebih parah dari covid-19.

Disease X bukanlah kemungkinan, tetapi suatu kenyataan yang bisa terjadi kapan saja, demikian peringatan WHO yang disampaikan kepada dunia. Penyakit ini bisa berasal dari jutaan virus yang belum ditemukan dan bisa memiliki tingkat kematian 20 kali lebih tinggi daripada virus corona, yang telah menyebabkan 2,5 juta kematian.

Diketahui bahwa istilah 'Disease X' pertama kali diperkenalkan oleh WHO pada bulan Februari 2018. Kemudian, pada hari Senin, tanggal 22 Mei 2023, dalam pertemuan Majelis Kesehatan Dunia ke-76 di Jenewa, Swiss, WHO mengungkapkan kemungkinan timbulnya Disease X.

Baca juga: Kuba Antisipasi Varian Baru Covid-19

Pandemi berikutnya bisa memiliki dampak serupa dengan flu Spanyol, kata para spesialis, sementara WHO menyatakan bahwa vaksin harus dibuat dan disalurkan dengan cepat sebagai respons untuk melawan penyakit ini. WHO juga menambahkan bahwa dampaknya yang mengerikan kemungkinan besar akan jauh lebih besar daripada Covid, yang membuat dunia tidak siap ketika muncul pada awal 2020.

Dilansir dari DailyMail, Kate Bingham, yang menjadi ketua Tim Vaksin Inggris antara Mei dan Desember 2020, mengatakan bahwa kita tidak boleh merasa puas hanya karena covid-19 sekarang dianggap sebagai penyakit biasa.

"Hari ini, kita bisa mengharapkan jumlah kematian yang serupa dari salah satu dari banyak virus yang sudah ada. Saat ini, ada lebih banyak virus yang sedang mereplikasi diri dan bermutasi daripada semua bentuk kehidupan lainnya di planet kita ini. Tentu saja tidak semua dari mereka merupakan ancaman bagi manusia, tetapi banyak di antaranya yang berpotensi berbahaya," ungkapnya, Senin, (25/9).

Baca juga: Muncul Varian Baru, Pemerintah Tegaskan Siap Hadapi Covid-19 Varian Eris

Kate Bingham mengatakan saat ini ilmuwan mengetahui 25 keluarga virus, yang masing-masing terdiri dari ribuan virus individual yang memiliki potensi untuk berkembang menjadi pandemi. Selain itu, diperkirakan ada sekitar satu juta virus lain yang belum ditemukan yang dapat melompat dari satu spesies ke spesies lain dan memiliki kemampuan untuk membunuh jutaan manusia.

Menurutnya, dari berbagai sudut pandang, kita beruntung dengan covid-19, meskipun virus ini menyebabkan lebih dari 20 juta kematian di seluruh dunia. Intinya adalah sebagian besar orang yang terinfeksi virus tersebut berhasil pulih. “Bayangkan jika Disease X sama menularnya seperti campak dengan tingkat kematian seperti Ebola [67%]. Di suatu tempat di dunia, virus ini sedang mereplikasi diri, dan suatu saat nanti, seseorang akan mulai merasa sakit," lanjutnya.

Menjelaskan peningkatan pandemi, Kate Bingham mengatakan bahwa itu bukan hanya karena tumpukan keberuntungan buruk yang acak. Dia menyebut tiga faktor kunci sebagai penyebabnya, yaitu globalisasi, peningkatan populasi di kota-kota, dan deforestasi yang telah menciptakan kondisi ideal bagi virus untuk melompat antar spesies.

"Kita perlu mengambil langkah-langkah pertama dalam menghadapi pandemi berikutnya sekarang juga dan itu melibatkan pengalokasian dana,” ujarnya.

Vaksin Prototipe

Ia mengatakan penting untuk menemukan berbagai vaksin prototipe untuk setiap keluarga virus yang mengancam yang kita kenal sebelum pandemi berikutnya dimulai. Dengan keunggulan awal tersebut, vaksin dapat dirancang untuk menargetkan fitur-fitur yang sangat khas dari Disease X, yang untungnya tidak sama sekali mustahil.

“Untuk mengatasi Disease X, kita akan lagi memerlukan strategi portofolio,” tutur Kate Bingham.

Pertama, karena berbagai jenis vaksin merangsang respons kekebalan yang berbeda dan oleh karena itu memberikan tingkat perlindungan yang berbeda. Kedua, kemampuan manufaktur bervariasi sangat antara negara dan wilayah. Beberapa format vaksin mungkin cocok untuk produksi dalam skala besar, sementara yang lain mungkin lebih mudah diproduksi di negara-negara dunia ketiga.

“Kita melihat hal ini dengan covid-19, di mana penggunaan Pfizer-BioNTech dan Moderna membuat sense di negara-negara yang lebih makmur dan Oxford-AstraZeneca di tempat-tempat yang lebih miskin,” ujar ketua Tim Vaksin Inggris tersebut.

Ketiga, kita perlu mengatasi kekurangan dari vaksin-vaksin saat ini, yang tidak semuanya tahan lama, mudah diangkut, atau murah.

Keempat, para peneliti harus didorong untuk menguji teknologi-teknologi baru dan pendekatan-pendekatan baru dalam desain vaksin, yang dapat menghasilkan vaksin yang lebih efektif dan efisien di masa depan.

Vaksin bukan satu-satunya jawaban, tentu saja. Kami dengan mendesak perlu berinvestasi dalam sistem-sistem mutakhir untuk pemantauan ancaman virus prospektif secara internasional. Idealnya, Disease X akan dinetralisir sebelum mulai menyebar ke seluruh dunia dan bermutasi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat