visitaaponce.com

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat
Jangan pandang sepele asam lambung naik. Berikut beberapa cara mengatasi masalah lambung tersebut.(Freepik)

NAIKNYA asam lambung dengan cepat bisa karena berbagai penyebab. Mulai dari makanan yang baru saja kamu makan, tidur malam yang tidak cukup, sampai dengan stres.

Jika tidak segera diatasi, kondisi asam lambung ini bisa mengganggu aktivitas. Bukan tak mungkin malah memicu ketidaknyamanan berkepanjangan dan komplikasi yang mengakibatkan gangguan kesehatan lebih serius.

Penyebab dan Gejala 

Baca juga: GERD Anxiety: Gejala dan Pengobatannya

Penyakit asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), penderita obesitas, dan ibu hamil.

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, maag dan sesak napas, serta mulut terasa asam.

Baca juga: Hindari Ini agar Maag Tidak Makin Parah Selama Ramadhan

Cara mengatasi

1. Minum Air Putih yang Cukup

Cara menghilangkan mual saat asam lambung naik yang pertama adalah minum air putih secukupnya. Hal ini dikarenakan dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memperburuk kondisi seseorang yang sedang mengalami mual akibat asam lambung naik. Selain itu, minum air putih yang cukup juga mampu menetralkan kadar asam dalam lambung sehingga mampu meredakan gejala maag.

2. Menghindari Kebiasaan Berbaring setelah Makan

Cara agar tidak mual saat asam lambung naik berikutnya adalah menghindari kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan. Berbaring setelah makan diketahui dapat memperburuk rasa mual karena menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan. Karena itu, setelah makan, ada baiknya Anda memberi jeda waktu selama 2–3 jam jika ingin berbaring atau tidur.

3. Membatasi Konsumsi Susu Terlebih Dahulu

Bila maag sedang kambuh, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi susu dan produk olahannya terlebih dahulu. Pasalnya, susu memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kadar asam lambung sehingga turut memperburuk gejala maag, seperti mual, nyeri pada ulu hati, hingga heartburn.

4. Menghindari Minuman Beralkohol dan Berkafein

Salah satu minuman yang perlu dihindari untuk mengurangi mual saat asam lambung naik adalah minuman beralkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol dapat merangsang asam lambung naik sehingga turut memperparah rasa mual.

Selain minuman beralkohol, konsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan juga dapat mengiritasi lapisan dinding lambung. Karena itu, penting pula untuk membatasi konsumsi minuman berkafein sebagai cara menghilangkan mual saat asam lambung naik.

5. Makan secara Perlahan

Cara meredakan mual saat asam lambung naik selanjutnya adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Hal ini diketahui dapat mencegah produksi gas berlebih di dalam saluran pencernaan yang dapat memperparah gejala maag. Selain itu, mengunyah makanan secara perlahan juga turut mempermudah sistem pencernaan dalam mengolah dan mencerna makanan.

6. Makan dengan Porsi Sedikit namun Sering

Salah satu pemicu asam lambung naik yang jarang disadari adalah mengonsumsi makanan dengan porsi berlebihan. Oleh karenanya, jika maag sedang kambuh, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun sering.

Selain memperhatikan porsinya, penderita GERD juga perlu membatasi jenis makanan tertentu untuk mencegah timbulnya gejala asam lambung naik, seperti makanan asam, bawang-bawangan, cokelat, dan sayuran sulit cerna seperti kubis.

7. Mengonsumsi Jahe

Mengonsumsi jahe juga menjadi cara menghilangkan mual saat asam lambung naik yang dapat Anda lakukan. Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang diketahui memiliki efek antiemetik sehingga dapat meredakan rasa mual secara alami.

Untuk mengonsumsinya, rebuslah jahe pada air mendidih selama 5–8 menit. Agar terasa lebih segar, Anda juga dapat menambahkan perasan lemon ke dalam air rebusan jahe tersebut.

8. Meninggikan Posisi Kepala saat Tidur

Sebagai upaya meredakan rasa mual saat asam lambung naik, cobalah untuk meninggikan posisi kepala Anda saat sedang berbaring atau tidur. Pasalnya, posisi ini dapat membantu mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan yang dapat memperburuk rasa mual.

9. Mengonsumsi Obat-Obatan

Untuk menghilangkan mual saat asam lambung naik secara cepat dan efektif, Anda dapat mengonsumsi obat antiemetik, seperti Bismuth subsalicylate. Obat ini akan bekerja dengan melindungi lapisan lambung sehingga mampu meredakan mual saat asam lambung naik. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat