visitaaponce.com

203 Petugas Pemilu 2024 di Sumedang Alami Gangguan Kesehatan

203 Petugas Pemilu 2024 di Sumedang Alami Gangguan Kesehatan
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjalani perawatan di ruang rawat inap Puskesmas Telaga, Kabupaten Gorontalo.(Antara)

SELAMA masa pencoblosan dan penghitungan suara pemilu, Pos Kesehatan Pemilu yang dibentuk Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, melayani 203 pasien yang mengalami masalah kesehatan.

Pasien yang dilayani terdiri dari anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), anggota linmas, bawaslu, panitia pemungutan suara, saksi, petugas dan panitia pemilihan kecamatan, serta pemilih.

"Pasien terbanyak yang mengalami gangguan kesehatan ialah petugas KPPS. Dari jumlah itu, sebanyak 10 pasien harus menjalani rawat inap," ungkap Sub Koordinator Pelayanan Primer, Dinas Kesehatan Sumedang, Rahmatullah Sidik, Minggu (18/2).

Baca juga : Pendaftaran Petugas KPPS Dibuka pada 11 Desember

Secara umum, lanjut dia, kondisi pasien yang mendapatkan pelayanan di pos kesehatan pemilu tidak mengkhawatirkan, meskipun ada yang harus dirawat inap. "Kebanyakan keluhan mereka ialah hipertensi, nyeri lambung dan ISPA."

Sidik menambahkan Pos Kesehatan Pemilu mulai bergerak sejak 13 Februari. Pada saat itu, petugas KPPS sudah mulai bekerja.

"Pada hari pertama saja, kami sudah harus melayani 9 petugas KPPS yang mengalami gangguan kesehatan," tambahnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat