visitaaponce.com

Perhatikan Lansia Hindari Minum Kopi dan Es saat Perut Kosong

Perhatikan! Lansia Hindari Minum Kopi dan Es saat Perut Kosong
Lansia disarankan untuk tidak minum kopi dan es di saat perut kosong(Freepik)

AHLI gizi dari Universitas Indonesia Luciana B. Sutanto menyarankan agar lansia yang melakukan perjalanan jauh, seperti Haji, menghindari konsumsi kopi atau minuman dingin saat perut kosong untuk mencegah penyakit maag.

"Minum kopi dan minuman es jangan saat perut kosong, terutama karena cuaca panas. Bisa menyebabkan maag, dan kalau makan cabai juga sesuai kekuatan masing-masing. Kalau sakit di sana malah repot," ujar Luciana melalui wawancara telepon di Jakarta, Selasa.

Luciana juga mengingatkan untuk menghindari minuman dengan pemanis tinggi atau air mineral yang mengandung garam, karena dapat menyebabkan rasa haus berlebihan yang bisa berujung pada dehidrasi.

Baca juga : Warga Diminta Waspadai Kambuhnya Penyakit Kronis di Pekan Pertama Lebaran

Dia menyarankan untuk selalu membawa tumbler atau botol minum saat bepergian agar mudah mendapatkan air minum dan tetap terhidrasi.

"Kalau bisa, bawa tumbler ke mana-mana karena ada tempat yang susah cari air. Kadang mau beli air mineral juga tidak selalu ada yang menjual," kata Luciana.

Untuk menjaga kesehatan lansia, Luciana juga mengingatkan untuk tidak lupa membawa obat-obatan rutin dan alat cek kesehatan seperti tensimeter atau alat cek gula darah. Pengecekan kesehatan perlu dilakukan selama perjalanan meskipun merasa sehat. Penting juga untuk melakukan imunisasi sebelum perjalanan jauh untuk melindungi diri dari penyakit menular yang mungkin ada di tempat tujuan.

Agar tetap nyaman beraktivitas selama berhaji, usahakan untuk tidur yang cukup. Jika mengalami kesulitan tidur, konsultasikan dengan dokter agar dapat membawa obat yang diperlukan.

"Tidur harus cukup, jangan memaksakan diri. Kalau sudah merasa capek, jangan sungkan untuk istirahat. Jika ada alat yang bisa dibawa seperti tensimeter, alat ukur nadi, atau alat cek gula darah, sebaiknya dibawa," sarannya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat