visitaaponce.com

Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan Unika Soegijapranata Gelar KNRM ke-12

Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan Unika Soegijapranata Gelar KNRM ke-12
Sekolah Tinggi Manajemen PPM bekerja sama dengan Unika Soegijapranata menggelar Konferensi Nasional Riset Manajemen ke-12 di Semarang.(Ist)

SEKOLAH Tinggi Manajemen PPM bekerja sama dengan Universitas Katolik Soegijapranata sebagai host menyelenggarakan Konferensi Nasional Riset Manajemen (KNRM) ke-12 di Kampus Unika Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah, 3–5 Oktober 2023.

KNRM ini juga bekerja sama dengan mitra perguruan tinggi lainnya yaitu Universitas Prasetiya Mulya dan Universitas Widya Mandala Surabaya sebagai co-host, serta 19 jurnal nasional terakreditasi dan terindeks Sinta 4 hingga Sinta 2.

Baca juga: Universitas Prasmul Diharapkan Memberi Inspirasi Bagi Indonesia

"KNRM ke-12 yang digelar hybrid agar dapat diakses seluruh peserta di Indonesia ini bertemakan Optimalisasi ekonomi sirkular sebagai langkah menuju transformasi ekonomi yang berkelanjutan," ungkap Ketua Sekolah Tinggi Manajemen PPM Arcadius Conraad Mahendra K Datu BA MA PhD, melalui siaran persnya, Rabu (4/10).

Arcadius menjelaskan tema itu diangkat karena ekonomi sirkular adalah sebuah alternatif untuk ekonomi linier tradisional.

"Pelaku ekonomi menjaga agar sumber daya dapat dipakai selama mungkin, menggali nilai maksimum dari penggunaan, kemudian memulihkannya dan meregenerasi produk dan bahan di setiap akhir umur layanan," jelas dia.

Di dalam ekonomi sistem sirkular, lanjutnya, penggunaan sumber daya, sampah, emisi dan energi terbuang diminimalisasi dengan menutup siklus produksi konsumsi dengan cara memperpanjang umur produk, inovasi desain, pemeliharaan, penggunaan kembali, remanufaktur, daur ulang ke produk semula (recycling), serta daur ulang menjadi produk lain (upcycling).

Laporan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Januari 2021 menyebutkan pendekatan ekonomi sirkular berdampak berarti bagi ekonomi, lingkungan, dan sosial di Tanah Air.

Baca juga: KLHK Dorong Pertumbuhan Industri Penanganan Sampah di 2023  

"Selain manfaat lingkungan dan ekonomi, ekonomi sirkular pun mendorong inovasi dan kolaborasi. Hal ini memacu dunia usaha, pemerintah, serta masyarakat untuk bekerja sama mengembangkan solusi yang melampaui batas-batas tradisional," tutur Arcadius.

Ia berharap melalui KNRM ke-12 bisa menjadi tempat bagi para praktisi dan akademisi manajemen untuk bertemu dan mendiskusikan temuan-temuan dan pemikiran dalam ilmu manajemen terkait penerapan ekonomi sirkular.

"Kegiatan ini pun jadi wadah praktisi dan akademisi mendapat informasi terbaru tentang pengembangan dan aplikasi konsep ilmu manajemen," pungkas Arcadius. 

KNRM ke-12 ini dibuka oleh Ketua Sekolah Tinggi Manajemen PPM Arcadius Conraad Mahendra K Datu BA MA PhD dan Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi.

Dari hasil penilaian tim pengkaji, terpilih 74 karya ilmiah dari 87 karya ilmiah yang diajukan. KNRM ini dihadiri 82 presenter dari 18 perguruan tinggi di Indonesia.

Pembicara utama konferensi adalah Arnita Rishanty ST MSc PhD (peneliti Bank Indonesia Institute). Dilanjutkan, Ketua Komunitas Bank Sampah Kerja Nyata Solo Raya Denok Marty Astuti SE, dan coaching clinic oleh Prof Dr Ir Noer Azam Achsani MS selaku Editor in Chief Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat