visitaaponce.com

Ini Cara Cegah Batuk Selama Cuaca Panas

Ini Cara Cegah Batuk Selama Cuaca Panas
Ilustrasi(Freepik)

SEJAK awal tahun, cuaca panas menghampiri beberapa wilayah di Indonesia hingga saat ini. Cuaca panas ini bisa menimbulkan masalah kesehatan, termasuk batuk.

Batuk adalah refleks normal pada tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari partikel asing, kuman, dan juga virus. Namun, jika kian lama mengalaminya, dapat disebut batuk karena alasan tertentu.

Farhan Zubedi sekaligus Health Influencer menjelaskan, batuk menjadi salah satu gejala terjadinya peradangan atau infeksi pernapasan. Tidak hanya itu, batuk juga berfungsi mengeluarkan lendir yang berlebihan.

Baca juga : Masyarakat Dianjurkan Perbanyak Konsumsi Buah Saat Cuaca Panas

Dokter Farhan menegaskan bahwa satu-satunya cara untuk menghindari batuk di saat cuaca panas adalah memerhatikan dan menerapkan pola hidup sehat. Namun, daya tahan tubuh yang baik perlu dibentuk terlebih dahulu.

"Daya tahan tubuh itu sebenarnya adalah proses di mana tubuh kita dapat ideal melalui pola hidup. Daya tahan tubuh perlu dibentuk dan dijaga guna mencegah perkembangan penyakit, juga mendukung masa penyembuhan ketika tubuh sedang sakit. Sebab, tubuh tengah melawan bakteri dan virus yang ada di dalam," jelasnya saat ditemui di Jakarta, Senin (9/10/2023). 

Baca juga : Ini Kelompok Warga yang Rentan dengan Dampak Buruk Cuaca Panas

Lebih lanjut, dr Farhan menyarankan untuk mulai bergerak ke pola hidup sehat. Mulai dari olahraga, yang disarankan 150 menit per minggu berdasarkan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ditambah, mengonsumsi makanan bernutrisi dengan jumlah kalori yang cukup.

"Kelola stres dan istirahat cukup juga penting dalam melaksanakan pola hidup sehat. Jika kamu terbiasa mengonsumsi suplemen vitamin, itu juga tidak masalah untuk dilakukan. Selain itu, ketika sedang batuk jangan langsung dikit-dikit minum antibiotik. Nanti dikhawatirkan tubuh menjadi terbiasa untuk mendapatkan antibiotik dan dampaknya tidak bisa lagi melawan bakteri dan virus," pungkasnya. (Medcom.id/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat