visitaaponce.com

Istrirahat Cukup Dapat Maksimalkan Kerja Otak

Istrirahat Cukup Dapat Maksimalkan Kerja Otak
Ilustrasi otak.(MI/SENO)

INISIATOR Gerakan Gadget Sehat Indonesia (GGSI) Prof Dr Ridha Dharmajaya mengatakan istirahat yang cukup dapat memaksimalkan kerja otak sehingga pertumbuhan generasi muda dapat berjalan dengan baik.

"Di tengah perkembangan teknologi dan kehadiran gawai yang tak terbendung, tanpa disadari banyak orang melupakan sesuatu hal yang penting dalam kehidupannya. Hal penting itu adalah mengistirahatkan otaknya dari segala aktifitas, termasuk menggunakan gadget," ujar Ridha seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, otak yang terus dipaksa bekerja justru tidak akan berfungsi baik dan bahkan sulit untuk menerima informasi.

Baca juga: Operasi Amandel Menjadi Mati Batang Otak, Apakah Malpraktik?

"Pentingnya otak istirahat agar oksigen yang masuk bisa maksimal dan dapat berfungsi dengan baik untuk menerima informasi," kata Ridha.

Ia menjelaskan waktu ideal manusia mengistirahatkan otak dari segala aktivitas adalah enam jam bagi orang dewasa dan delapan jam untuk remaja.

Baca juga: Tetap Sehat Saat Puasa dengan Istirahat yang Cukup

"Untuk manusia dewasa, waktu ideal mengistirahatkan otaknya dari segala aktifitas adalah enam jam. Namun, untuk adik-adik setingkat SMP yang masih dalam masa pertumbuhan waktu ideal yakni delapan jam. Tidur pukul 21.00 WIB setelah Isya dan bangun saat Subuh pukul 05.00 WIB itu sangat bagus," katanya.

Untuk itu, dokter spesialis syaraf ini mengimbau generasi muda khususnya para pelajar untuk memanfaatkan waktu istirahat agar otak dapat bekerja dengan maksimal. "Kalau waktu istirahat kurang, maka jangan harap adik-adik bisa berprestasi karena pelajaran di sekolah akan sulit untuk dicerna," ujarnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat