visitaaponce.com

Cara Mengatasi Kepala Tegang Saat Olahraga

Cara Mengatasi Kepala Tegang Saat Olahraga
Ilustrasi(Freepik)

KEPALA  mencengkram, yang juga dikenal sebagai tension headache atau sakit kepala tegang, adalah jenis sakit kepala yang umum. Ini terasa seperti tekanan atau cengkraman di sekitar kepala, terutama di area dahi, pelipis, dan leher.

Jenis penyakit ini, biasanya bersifat ringan hingga sedang dan terasa seperti ada tali yang mengencang di sekitar kepala. Kepala mencengkram dapat bersifat konstan atau datang dan pergi. Ini sering dijelaskan sebagai rasa tegang, nyeri, atau berat di area kepala.

Baca juga: Ini Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri

Lantas apa saja gejala, dan tips untuk mengatasi sakit kepala tegang ini ? Yuk disimak penjelasan berikut ini.

Gejala sakit kepala tegang

Sebelum mengetahui tips mengatasi sakit kepala tegang, berikut ini beberapa gejala yang mungkin timbul saat mengalami keluhannya terjadi.

  • Sakit kepala yang cukup mencengkeram di bagian depan, atas, maupun samping kepala. Biasanya terjadi di siang hari dan semakin parah menjelang sore
  • Kepala terasa berdenyut saat bangun dari posisi tidur maupun duduk
  • Otot di sekitar kepala, tengkuk, leher hingga pundak terasa nyeri
  • Tubuh terasa sangat lelah dan kesulitan untuk tidur

Tips mengatasi sakit kepala tegang

Baca juga: Inilah Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Gejalanya

Sakit kepala tegang pun bisa dikategorikan dalam beberapa tingkatan, mulai dari nyeri ringan hingga berat yang sangat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, simak beberapa tips mengatasi sakit kepala tegang yang bisa Anda lakukan agar keluhannya tidak semakin parah berikut ini.

  • Menghentikan segala aktivitas yang sedang dilakukan. Memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan hanya akan membuat tubuh menjadi semakin lemah dan keluhan sakit kepala pun juga bisa bertambah parah.
  • Langkah selanjutnya adalah mengompres bagian dahi menggunakan handuk yang dibasahi menggunakan air hangat.
  • Anda juga bisa melakukan pijatan ringan di bagian pelipis, dahi, dan juga daerah sekitar pundak serta leher untuk meredakan rasa nyeri di kepala.
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral yang cukup untuk mmenuhi cairan tubuh sekaligus meningkatkan kadar oksigen dalam otak.
  • Minum obat pereda sakit kepala tegang yang mengandung Paracetamol sebagai analgesik yang dipercaya mampu mengatasi sakit kepala.

Perlu juga diketahui bahwa, terdapat beberapa makanan yang bisa memicu sakit kepala mencengkeram pada sebagian orang:

1. Makanan dengan MSG (Monosodium Glutamat)

MSG adalah bahan tambahan makanan yang digunakan untuk meningkatkan rasa. Beberapa orang mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, atau saus tiram.

2. Makanan yang Mengandung Aspartam

Aspartam adalah pemanis buatan yang digunakan dalam minuman diet dan makanan rendah kalori. Beberapa orang melaporkan bahwa aspartam dapat memicu sakit kepala.

3. Makanan dengan Nitrat

Nitrat biasanya ditemukan dalam daging olahan, seperti sosis dan bacon, serta dalam beberapa makanan yang diawetkan seperti daging asap. Hal ini dapat menjadi pemicu sakit kepala pada beberapa orang.

4. Makanan dengan Tirosin

Tirosin adalah asam amino yang dapat ditemukan dalam makanan seperti keju, kacang-kacangan, dan cokelat. Beberapa orang yang memiliki sensitivitas terhadap tirosin bisa mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan yang mengandung zat ini.

5. Makanan Fermentasi

Makanan yang mengandung histamin dan mengalami fermentasi, seperti keju tua, anggur merah, dan beberapa jenis daging, dapat memicu sakit kepala pada orang yang sensitif terhadap histamin.

6. Makanan Pedas

Makanan yang sangat pedas dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang karena dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

7. Makanan yang Mengandung Gluten

Sebagian orang yang memiliki intoleransi gluten atau penyakit celiac melaporkan adanya hubungan antara konsumsi gluten dan sakit kepala.

Nah, itu dia tadi informasi tentang bagaimna cara mengatasi kepala mencengkram. Semoga artikel ini bermanfaat yah dan jangan lupa untuk menjaga pola makannya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat