visitaaponce.com

Tiga Seniman Pati Gelar Pameran Bertiga, Kemaruk

Tiga Seniman Pati Gelar Pameran Bertiga, Kemaruk
Pameran Bertiga, Kemaruk(Ist)

TIGA seniman Pati, Jawa Tengah,  Putut Pasopati, Imam Tohari, dan Imam Bucah menggelar Pameran Bertiga bertajuk Kemaruk yang berlangsung 4-10 November 2023 di Warung Seni Joglo Sawah, Jalan Lingkar Utara No 1 Karangmalang, Gebog, Kudus, Jawa Tengah.

Pameran berupaya memotret kemaruk-nya manusia untuk melayani keinginan-keinginan. Manusia semakin kemaruk dengan keinginan keingian yang melampui batas-batas kebutuhan mereka yang sebenarnya.

Kemaruk, selalu ingin yang berlebihan. Sejak revolusi industri yang dimulai dari Prancis dimana awal mula mesin-mesin industri memulai kiprah operasional. Memang kapitalis harus terus berkerja, mesin harus berputar, pabrik harus tetap hidup, memupuk keuntungan, dan berkembang.

Diciptakanlah barang baru, mempropagandakan kemudahan-kemudahan baru, merangsang minat, dan keinginan banyak orang sehingga kebutuhan-kebutuhan baru seperti lahir tak habis-habisnya. Roda peradaban bisa tumbuh dan bergerak dengan bertambahnya barang-barang dan timbunan sampah sebagai konsekuensi konsumerisme.

Tiga seniman menggelar karya berlandaskan keakraban khusus dan sama-sama bergumul dengan seni budaya khususnya di Pati. Sehingga dari kedekatan itu banyak peristiwa seni budaya dari ketiga seniman yang terlibat atau dilibatkan, bahkan pernah pameran bersama, yakni EMBRIO 5 di Semarang, Jawa Tengah.

Kemudian pameran bersama ini semacam titik etape, atau pemberhentian proses sejenak sebagai bentuk tanggung jawab sebagai seniman dengan karya yang dihadirkan. Dengan istilah Jawa,  sebagai unjal ambegan (menarik napas) untuk kemudian melajutkan proses berkesenian lagi.  (RO/R-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Agus Triwibowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat