visitaaponce.com

5 Cara Mengatasi Rasa Lemas dan Kelelahan saat Haid

5 Cara Mengatasi Rasa Lemas dan Kelelahan saat Haid
Cara mengatasi lemas dan kelelahan saat sedang haid(Freepik)

SEBAGAI kaum wanita, saat mengalami masa menstruasi, pastinya gejala seperti rasa lemas dan kelelahan membuat tidak nyaman sebelum dan selama masa menstruasi. Bahkan gejala tersebut membuat kita terhalang untuk beraktivitas dengan maksimal sepanjang hari.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan saat menstruasi. Yuk, cari tahu di sini. Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi nya, baiknya kita ketahui dulu apa penyebab kelelahan saat menstruasi.

Melansir dari halodoc.com, disebutkan bahwa para ahli masih belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan PMS, tetapi sindrom tersebut diduga terjadi akibat perubahan hormonal. Dimana, ovarium wanita menghasilkan hormon esterogen dan progesteron.

Baca juga: Obesitas Sebabkan Pola Haid tidak Teratur

Produksi estrogen meningkat selama paruh pertama siklus menstruasi dan menurun selama paruh kedua. Kadar serotonin seringkali ikut menurun seiring menurunnya hormon estrogen. Penurunan tingkat neurotransmitter ini bisa menyebabkan suasana hati yang rendah dan menurunnya tingkat energi.

Tidak hanya itu, ada puin faktor lainnya yang menyebabkan bisa terjadinya kelelahan saat menstruasi, berikut selengkapnya:

Baca juga: Haid Pertama Lebih Awal tidak Berarti Menopause Lebih Cepat

1.  Ngidam Makanan

Selama menstruasi, beberapa wanita bisa mengalami ngidam makanan tertentu. Nah, makan terlalu banyak bisa menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah. Penurunan tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami kelelahan.

2. Rendahnya Zat Besi 

Tahukah kalian, saat menstruasi apabila terjadfi pendarahan yang hebat maka bisa menyebabkan  anemia defisiensi besi. Bahkan dengan tidak adanya zat besi yang cukup, tubuh tidak bisa memproduksi hemoglobin yang dibutuhkan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh. Nah, gejala anemia defisiensi besi bisa berupa kelelahan dan tubuh terasa lemas.

3. Pola tidur yang terganggu

Polas tidur yang terganggu juga menjadi salah satu faktor penyebabnya loh. Karena dipengaruhi oleh nyeri perut, perubahan suasana hati saat menstruasi maka dapat membuat kaum wanita sulit tertidur sepanjang malam. Apabila kondisi ini terjadi, kemungkinan besar kamu akan terbangun dengan perasaan kelelahan keesokan harinya.

Nah, setelah mengetahui faktor penyebabnya, berikut ini adalah cara mengatasi rasa lemas dan kelelahan saat menstruasi. 

Cara Mengatasi Kelelahan Menstruasi

1. Menyesuaikan Suhu Ruangan

Dengan suhu tubuh yang meningkat menjadi 0,5 derajat Celcius dapat mengakibatkan kenyamanan saat tidur loh. Jadi, dengan menurunkan suhu ruangan atau membuat ruangan menjadi lebih dingin pun dapat membantu meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur, dan mencegah kelelahan pada keesokan harinya.

2. Melakukan Teknik Relaksasi

Beberapa wanita sulit tidur saat menstruasi akibat nyeri perut, nyeri tubuh, atau stres. Hal itu bisa menyebabkan mereka mengalami kelelahan pada keesokan harinya. Bila kamu juga sering sulit tidur saat menstruasi, melakukan teknik relaksasi merupakan cara yang efektif untuk membantu meredakan ketegangan pada tubuh dan pikiran, sehingga kamu pun bisa tidur nyenyak. Berikut ini teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan:

- Meditasi;
- Latihan pernapasan;
- Melakukan yoga;
- Pijat; dan
- Mandi air hangat sebelum tidur.

3. Terapi Alternatif

Berdasarkan sebuah temuan pada tahun 2014 menunjukan bahwa akupuntur dan beberapa pengobatan herbal bermanfaat dalam mengatasi kelelahan saat menstruasi loh. Lebih lanjut,dalam penelitian akupuntur dan obat herbal seperti ginkgo biloba itu dapat mengurangi gejala PMS hingga 50 persen atau lebih dibanding tanpa pengobatan. 

4. Olahraga Aerobik

Pernahkah kalian mencoba olahraga aerobik? Olaharaga ini merupakan langakh yang baik dalam mengatasi lemas saat haid loh. Hal ini dibuktikan lewat sebuah studi pada 2014 yang menyelidiki efek aerobik pada 30 wanita muda dengan gejala PMS, olahraga tersebut terbukti mampu membantu mengatasi kelelahan saat menstruasi secara signifikan. Selain itu, ditemukan juga bahwa yoga bermanfaat meningkatkan kesehatan darah, termasuk kadar hemoglobin. Gimana jadi pengen langsung di coba? 

5. Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Mengapa perlu mengonsumsi makanan tinggi zat besi? Ketahuilah bahwa zat besi adalah mineral yang membantu untuk membentuk hemoglobin atau sel darah merah.

Dengan mengatasi jumlah sel darah yang hilang saat menstruasi, maka keluhan badan lemas pun dapat segera dibereskan. Beberapa makanan yang kaya akan zat besi, antara lain daging merah, sayur bayam, dan hati ayam. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat