visitaaponce.com

10 Contoh Benda Gas dan Penjelasannya

10 Contoh Benda Gas dan Penjelasannya
Benda-benda ini merupakan contoh benda berbentuk gas dan penjelasannya.(Freepik)

PADA umumnya benda itu terbagi menjadi tiga jenis yakni, gas, cair, dan padat. Melansir jurnal yang dituliskan Ringga Nur Fitria, Bagus Surya Pratama menyatakan gas merupakan suatu zat ringan yang bersifat seperti udara (di dalam suhu biasa tidak bisa menjadi cair). Gas juga dapat disebut sebagai minyak bumi yang sudah dicairkan dan dapat digunakan untuk keperluan memasak.

Gas itu juga memiliki sifat nya loh. Lantas apa saja sifat dan contoh dari bentuk gas itu? Berikut ini adalah beberapa contoh benda gas beserta penjelasannya:

Sifat benda gas

Baca juga: Tekanan Hidrostatis: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

1. Volume dan Bentuk Bisa Berubah Sesuai Wadah

Gas tidak memiliki bentuk atau volume tertentu; mereka akan mengisi seluruh wadah di mana mereka ditempatkan.

Baca juga: Panduan, Cara Menggunakan Mikroskop yang Benar

2. Memiliki Partikel yang Bergerak ke Segala Arah

Partikel gas memiliki gerakan acak dan cenderung bergerak ke segala arah. Mereka tidak memiliki pola atau arah yang teratur dalam gerakannya.

3. Menekan ke Segala Arah

Gas dapat menekan wadah tempat mereka berada, dan tekanan gas akan merata ke segala arah di dalam wadah tersebut.

4. Miliki Gaya Tarik Menarik yang Lemah

Partikel gas memiliki gaya tarik-menarik yang lemah antara satu sama lain, terutama bila dibandingkan dengan benda padat atau cair. Hal ini menyebabkan partikel gas lebih cenderung untuk bergerak bebas.

5. Dapat Dimampatkan dengan Mudah

Gas dapat dimampatkan dengan menerapkan tekanan padanya. Partikel gas memiliki jarak yang cukup besar di antara mereka, yang memungkinkan untuk dimampatkan lebih lanjut.

6. Memiliki Massa

Gas memiliki massa yang merupakan salah satu dari tiga sifat fisik yang dimiliki oleh semua benda, termasuk padat, cair, dan gas. Meskipun massa partikel gas relatif kecil, mereka memiliki massa yang dapat diukur.

Contoh benda gas

1. Alat Pompa

Memiliki mobil atau sepeda di rumah, pasti akan membutuhkan alat pemompa gas. Suatu hari, ketika ban sepeda atau mobil bocor, kendaraan tidak bisa dikendarai, bahkan ban dapat mengalami pembengkakan. Alat ini berfungsi dengan cara menghasilkan udara atau gas yang sebelumnya ada di dalam selang, kemudian membiarkannya mengalir ke dalam ban kendaraan. Gas tersebut akan mengisi ban sesuai dengan bentuk dan ruang yang diperlukan untuk ban kendaraan tersebut.

2. Gas LPG

Gas LPG biasanya dikemas dalam tabung 3 kg, 5 kg dan 12 kg. Agar gas LPG dapat bekerja, kita memerlukan selang dan pengatur untuk  menyalakan  kompor. Salah satu ciri  gas LPG adalah memiliki bau yang cukup menyengat.

3. AC

Seperti yang kita ketahui, AC digunakan untuk meningkatkan sirkulasi udara dan membuat ruangan terasa sejuk. Hal ini disebabkan karena AC mengandung Freon. Freon merupakan senyawa berupa gas yang membantu menyerap beban pada AC dan tempat-tempat yang memerlukan pengontrolan suhu.

4. Tabung Oksigen

Tabung oksigen yang berisi cairan menjadi salah satu barang yang paling penting di rumah, untuk membantu orang yang sakit. Tabung ini berubah menjadi oksigen saat mengalir melalui  saluran udara seperti hidung dan mulut. 

5. Parfum

Kebanyakan orang perlu menyimpan parfum di rumah mereka atau menggunakannya setiap hari, baik itu parfum pria maupun wanita. Fungsi dari parfum adalah untuk membuat wangi tubuh lebih harum. Jadi saat berangkat kerja, pesta atau kegiatan di luar, kita  pasti jadi lebih percaya diri. Parfum sebenarnya adalah cairan karena tidak mengubah bentuk zat. Setelah parfum disemprotkan, cairan bersentuhan dengan suhu lingkungan dan berubah menjadi unsur gas.

6. Kentut

Kentut adalah gas yang dihasilkan tubuh sebagai hasil dari proses pencernaan makanan. Ketika makanan dicerna dalam tubuh, gas-gas seperti nitrogen, karbon dioksida, hidrogen, dan methan dapat terbentuk. Ketika gas-gas ini tidak diserap oleh tubuh, mereka dilepaskan melalui kentut.

7. Knalpot

Pati kalian sudah tidak asing lagi dengan knalpot , bukan? Fungsi knalpot adalah untuk mengubah karbon dari sisa pembakaran dan mengurangi kebisingan mesin. Sebagai peringatan, perlu kalian catat, jangan menyalakan kendaraan berknalpot di dalam ruangan. Gas yang terperangkap di dalam ruangan  bisa menjadi racun bagi tubuh kita.

8. Angin

Angin merupakan bagianb dari benda gas yang tidak terlihat namun dapat dirasakan. 

9. Asap

Selain angin, asap juga merupakan bagian dari bentuk benda gas yang dapat terlihat dan berbau. Asap menjadi salah satu benda gas yang berbahaya di muka bumi karena, memiliki berbagai kandungan jenis didalamnya.

10. Uap Air

Contoh gas yang ke-10 ini adalah uap air. ini artinya uap air terjadi karena adanya perubahan benda, yakni benda cair menjadi gas karena dipanaskan. Misalnya saat kita mencoba merebus air, maka saat air itu mendidih air akan berubah menjadi gas yang menguap ke udara.

Demikianlah beberapa contoh benda gas beserta penjelasannya, yang mendemonstrasikan beragam penggunaan dan karakteristik benda gas dalam kehidupan sehari-hari. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat