visitaaponce.com

Unas Bersinergi dengan Badan Keahlian DPR Terapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Unas Bersinergi dengan Badan Keahlian DPR Terapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Penandatanganan memorandum of understanding oleh Kepala Badan Keahlian DPR RI Inosentius Samsul dan Wakil Rektor Unas Prof Eko Sugiyanto.(Ist)

UNIVERSITAS Nasional (Unas) menjalin kerja sama dengan Badan Keahlian (BK) DPR dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kerja sama diawali penandatanganan memorandum of understanding antara Unas dan BK DPR RI, serta dilanjutkan focus group discussion bertema Arah kebijakan pembangunan bidang politik dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045 menuju Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Aktualisasi Pancasila dalam Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi

Wakil Rektor Unas Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia Prof Dr Drs Eko Sugiyanto MSi menyampaikan kerja sama ini merupakan kerja sama lanjutan yang sebelumnya pernah dilakukan kedua belah pihak.

"Melalui kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas kampus dan bisa mempertahankan akreditasi Unas," kata Eko melalui keterangan tertulis, hari ini.

Terkait tindak lanjut dalam waktu dekat, Eko mengatakan akan membangun sistem informasi manajemen karena hal ini sedang dibutuhkan DPR RI. 

Sementara itu, Kepala Badan Keahlian DPR RI Dr Inosentius Samsul SH MHum berharap adanya perpanjangan kerja sama Unas dan BK DPR RI dapat kembali mengatur rencana-rencana yang tertunda karena pandemi covid-19.

Ia menambahkan kerja sama antar kedua pihak akan lebih banyak terkait diskusi-diskusi yang membutuhkan masukan dari akademisi atau kegiatan-kegiatan yang bisa membantu DPR dalam merumuskan berbagai persoalan.

Baca juga: Pendidikan Tinggi Harus Optimistis Bangun Indonesia Maju

Inosentius juga mengatakan kerja sama yang dulu dan saat ini tak jauh berbeda. Menurutnya, kerja sama saat ini lebih intens yaitu melibatkan resources-resources di Unas.

“Kami juga mendapatkan substansi lainnya seperti pelatihan-pelatihan, ada training, ada juga riset,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam focus group discussion kali ini menghadirkan Kepala Pusat Perancangan UU Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat BK DPR RI Wiwin Sri Rahyani.

Selanjutnya, dosen Hubungan Internasional Unas Irma Indrayani, dosen Administrasi Publik Unas Heru Dian Setiawan, dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Unas Kumba Digdowiseiso, dengan moderator dosen Fisip Unas Wahyu Trijono. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat