visitaaponce.com

Tingkatkan Kapasitas, Ratusan Pendidik Ikuti Program Teacher Masterclass

Tingkatkan Kapasitas, Ratusan Pendidik Ikuti Program Teacher Masterclass
Para peserta berfoto bersama Sujiwo Tejo, salah satu Mentor Teacher Masterclass Batch #4 yang diselenggarakan di Jakarta,(Ist)

PROGRAM Teacher Masterclass kembali sukses terselenggara untuk keempat kalinya baru-baru ini di Hotel Mercure Jakarta Kota, Jakarta Barat, bersama mentor-mentor nasional yaitu Sujiwo Tejo, Dr. Hendi Pratama, Gol A Gong, dan Lenang Manggala.

Teacher Masterclass Batch #4 ini telah mengajak pendidik dari seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas sebagai seorang pendidik dalam berbagai aspek sesuai dengan perkembangan zaman, melalui empat kelas eksklusif yaitu Kelas Pemikiran, Kelas Transformasi, Kelas Literasi, dan Kelas Inovasi.

Sujiwo Tejo, selaku mentor Kelas Pemikiran memberikan materi tentang “Pendidikan yang Memerdekakan” dengan dilengkapi pertunjukan musik dan pembelajaran yang menyenangkan.

Baca juga: EF Kids & Teens Gelar Pelatihan Guru Bahasa Inggris di Area Sekitar Borobudur

Sujiwo Tejo merasa bahagia karena bisa bertemu ratusan guru dari berbagai wilayah Indonesia, dan suasana diskusi yang intens di acara ini.

“Bertemu dengan ratusan guru dari berbagai daerah, dari Bali, Sumatra, Sulawesi, Flores, dan Jawa tentunya. Suasananya sangat intens, terutama diskusi-diskusinya, yaitu tentang hubungan guru dan siswa, juga hubungan musik dan murid,” ungkap Sujiwo Tejo setelah sesi Kelas Pemikiran.

Tak hanya membuka pemikiran para pendidik dengan materi Pendidikan yang Memerdekakan, Teacher Masterclass Batch #4 juga turut memberikan kemampuan penulisan esai melalui Kelas Literasi kepada ratusan pendidik yang hadir.

Kelas Literasi ini dibawakan oleh Gol A Gong, yang merupakan penulis, sastrawan, dan Duta Baca Indonesia 2021-2025.

Di sesi ini, Gol A Gong menyampaikan materi “Cara Menulis Esai yang Mudah dan Sederhana." Terdapat metode khusus menulis esai yang dinamakan metode Care Box versi Gol A Gong. 

Metode ini mudah diaplikasikan, hanya perlu menemukan topik esai melalui kehidupan sehari-hari, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis unsur 5 W + 1 H secara mendalam terkait topik yang telah kita pilih. Menurut Gol A Gong, untuk menulis kita harus mampu lebih peduli terhadap sekitar.

Baca jugaKemenag akan Latih Kompetensi 13 Ribu Guru Agama di Sekolah

“Luar biasa sekali hari ini. Kelas penulisan esai, antusiasmenya tidak bisa saya bendung. Dua jam tidak cukup, mestinya tiga jam. Mereka ingin sekali pengalaman-pengalaman pribadinya dituliskan dalam bentuk esai. Teacher Masterclass luar biasa, melalui program ini guru-guru juga merasa hidupnya bukan jadi guru saja, tapi juga bisa menulis,” ujarnya.

Workshop Intensif Teacher Masterclass Batch #4 juga memberikan Kelas Inovasi agar para pendidik mampu menciptakan inovasi yang solutif, bermanfaat, dan memberikan kontribusi bagi sekolah atau instansi masing-masing, termasuk juga masyarakat sekitar.

Kelas ini dibawakan oleh Lenang Manggala, yang merupakan Founder Nyalanesia dan peraih penghargaan Innovation Heroes.

Baca juga: Ribuan Guru di Jateng Gelorakan Spirit Komunitas Gerakan Sekolah Menyenangkan

Lenang Manggala menyampaikan materi dengan judul “Mengembangkan Inovasi Berbasis Innovation Model Canvas 2.0.

”Dalam kelasnya, Lenang Manggala menjelaskan tiga fase wujudkan inovasi yaitu create, build, and improve. Sehingga inovasi adalah pekerjaan yang berkelanjutan, serta memberikan dampak bagi sekitar.

Dalam kelas ini, selain mendapatkan materi, para peserta juga diajak untuk praktik secara berkelompok, menyusun inovasi berbasis Innovation Model Canvas.

Setelah itu, kelompok-kelompok tercepat mendapat kesempatan untuk mempresentasikan inovasinya, dan mendapatkan tanggapan langsung dari Lenang Manggala.

“Hari ini kami sedang menyelenggarakan Teacher Masterclass, salah satunya bersama saya di Kelas Inovasi. Banyak sekali tadi kelompok-kelompok yang bikin inovasi sangat keren. Jadi, mari kita bersama-sama membangun guru-guru yang mampu melahirkan inovasi-inovasi untuk pendidikan di Indonesia,” ujar Lenang selepas sesi Kelas Inovasi.

Baca juga: Kemendikbudristek Rilis Dua Fitur Baru dalam Platform Merdeka Mengajar

Spesial di penyelenggaraan keempat ini, Teacher Masterclass menghadirkan kelas baru, yaitu Kelas Transformasi. Kelas ini dibawakan oleh Dr. Hendi Pratama, yang merupakan seorang dosen, pembicara, dan coach Transformasi Pendidikan. Dr. Hendi Pratama menyampaikan materi yang berjudul "Step By Step: Transformasi Para Pendidik.”

Dr. Hendi menyampaikan kesan positifnya dan ucapan selamat kepada Nyalanesia yang telah mendatangkan guru-guru dari seluruh Indonesia dalam satu tempat.

“Saya memiliki keyakinan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang harus dilanjutkan, agar lebih banyak lagi guru yang mendapatkan manfaatnya. Saya ucapkan selamat karena sudah mendatangkan guru-guru dari seluruh Indonesia datang ke satu tempat untuk sharing bagaimana mengembangkan pendidikan di masa depan,” ujar Hendi

“Saya harapkan kegiatan ini menjadi semangat bagi Nyalanesia untuk selalu memperbarui program-program yang lain, dan juga mempertahankan program yang sudah ada,” pungkasnya.

Peserta yang terdiri dari guru, dosen, dan penggerak literasi pun mengaku senang atas terselenggaranya Teacher Masterclass Batch #4 ini. Mereka berharap kegiatan ini nantinya dapat diikuti semua guru di Indonesia.

“Ini pengalaman yang luar biasa bagi saya, sebagai Ketua Tim Literasi di sekolah. Ketika saya datang ke sini, banyak hal baru yang saya dapatkan," kata ujar Henni Sihotang, peserta Teacher Masterclass Batch #4 dari Kota Balikpapan.

"Ada dua hal yang paling berkesan bagi saya, yang pertama dari Dr. Hendi, bahwa kita harus melakukan inovasi, melakukan perubahan dari diri sendiri dulu, dengan hal kecil dan bertahap. Kedua dengan Bapak Sujiwo Tejo, yang memberikan hal baru karena mengaitkan pendidikan dengan budaya,” ujar Henni. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat