visitaaponce.com

Wisuda 2.030 Mahasiswa, Rektor UMJ Pesan Jaga Integritas dalam Proses Raih Kesuksesan

Wisuda 2.030 Mahasiswa, Rektor UMJ Pesan Jaga Integritas dalam Proses Raih Kesuksesan
Wisuda ke-78 Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Selasa 21 November 2023.(Humas UMJ)

SEBANYAK 2.030 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi diwisuda. Wisuda ke-78 UMJ tersebut digelar pada Selasa dan Rabu, 21–22 November 2023 di kampus UMJ, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Prosesi wisuda yang untuk pertama kalinya dilakukan di kampus UMJ Ciputat itu dipimpin Ketua Senat UMJ Prof Dr Siti Masyitoh, didampingi Rektor UMJ Prof Dr Ma'mun Murod, beserta jajaran Guru Besar UMJ bersama Badan Pembina Harian ( BPH) UMJ Nandi Rahman.

"Kami ucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan studi juga para orang tua dan keluarga.Khusus para wisudawan Sarjana S1 yang kini berusia sekitar 22–23 tahun merupakan masa proses pematangan secara ruhaniah jasmaniah, material, dan spiritual," kata Ma'mun Murod, Selasa, (21/11).

Baca juga: Universitas Terbuka Luluskan Doktor Pertama Wali Kota Madiun

Foto: Wisuda ke-78 Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Selasa 21 November 2023.

Ma'mun Murod yang baru dikukuhkan menjadi Guru Besar Ilmu Politik UMJ ini mengingatkan bahwa agama juga mengajarkan pentingnya proses dalam fase kehidupan manusia. Ia mencontohkan Nabi Muhammad saw menjalani proses menjadi Nabi pada usia 25 tahun dan menjadi Rasul pada usia 40 tahun.

"Jadi dalam fase kehidupan dan kiprah kita semuanya melalui proses, tidak ujug-ujug.Ada yang sudah matang dan ada yang belum matang," tegasnya.

Baca juga: Indonesia International Institute for Life Sciences Rayakan Ulang Tahun ke-10

Lebih dari itu, Ma'mun Murod menegaskan pentingnya kejujuran dalam mencapai suatu tujuan dan keberhasilan.

"Jadi kejujuran dengan menjaga integritas merupakan modal utama kehidupan kita. Tidak semata meraih nilai IPK yang tinggi mencapai angka 4 ,namun integritas dan moralitas juga yang terpenting," pungkas Ma'mun Murod.

Pada kesempatan sama anggota Badan Pembina Harian (BPH) UMJ Nandi Rahman dalam sambutan singkatnya turut mengucapkan selamat kepada para wisudawan.

“Kami sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada orang tua dan keluarga yang telah mempercayakan anak anaknya menempuh kuliah di UMJ.Kepada wisudawan semoga ilmu yang diperoleh menjadi bekal dapat diterapkan untuk berkiprah di masyarakat dan bangsa," tutup Nandi Rahman.

UMJ kini memiliki 14 program studi (prodi) terakreditasi unggul. Delapan prodi terakreditasi baik sekali dengan jumlah dosen bergelar doktor sebanyak 231 orang, serta dosen sedang menempuh S3 sebanyak 99 orang. UMJ yang merupakan kampus tertua di PT Muhammadiyah telah meluluskan 65 ribu alumni dan mencetak 2 Doktor Honoris Causa kepada Bung Karno dan Ustadz Adi Hidayat.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat