visitaaponce.com

Rayakan Keragaman Kuliner,Podomoro University GelarPesona Soto Nusantara

Rayakan Keragaman Kuliner, Podomoro University Gelar Pesona Soto Nusantara
Podomoro University menggelar Pesona Soto Nusantara di Universitas Agung Podomoro, APL Tower, Lantai 5, Jakarta Barat. (Ist)

PODOMORO University kembali dengan menggelar acara yang menawarkan pengalaman kuliner tak terlupakan bagi para pecinta soto.

Pesona Nusantara ketujuh ini memiliki tema “Pesona Soto Nusantara Taste The Legacy, Share the Story” yang hadir sebagai wadah untuk merayakan kelezatan dan keanekaragaman kuliner Indonesia, khususnya soto yang menjadi salah satu ikon hidangan tradisional di Tanah Air.

Event ini merupakan event lanjutan dari serial Pesona Nusantara yang pernah diadakan di Podomoro University, yaitu Pesona Manis Nusantara 2016, Pesona Pedas Nusantara 2017, Pesona Rendang Nusantara 2018, Pesona Minuman Fermentasi Nusantara 2019, Pesona Bedulang Belitong Nusantara 2020, dan Pesona Kopi Nusantara 2022.

Baca juga: Diresmikan Dubes, Malaysia Food & Travel Fair Pererat Hubungan Budaya

Salah satu sorotan utama dalam acara ini adalah cooking demo yang melibatkan berbagai chef profesional seperti Santhi Serad, Chef Rendy Khong, Chef Ivan Leonard Mangundap, dan masih banyak lagi.

Para ahli kuliner ini tidak hanya membagikan rahasia-rehasia dalam memasak soto yang lezat, tetapi juga berbagi cerita tentang keunikan dan kekayaan kuliner Nusantara.

Peserta acara memiliki kesempatan langka untuk belajar langsung dari para maestro kuliner yang telah mengangkat citarasa Indonesia ke kancah internasional.

Pesona Nusantara pertama digagas oleh Dr Santi Palupi dan Anwar Basalamah B.SC., M,Par dari Program Studi Hotel Bisnis Podomoro University.  

Penyelenggaraan acara Pesona Nusantara setiap tahun dijadikan sebagai model pembelajaran bagi mahasiswa semester 5 Program Studi Bisnis Perhotelan dalam mata kuliah MICE Management.

Baca juga: Wisuda VI, Podomoro University Terus Berinovasi demi Bangun Masa Depan

Dalam sambutannya, Dr Santi Palupi, dosen pengampu mata kuliah MICE Management mengatakan,“Pada saat lulus dari perkuliahan, seluruh pekerjaan pasti memiliki hubungan dengan MICE, sehingga diadakannya event ini untuk mempersiapkan para mahasiswa sebelum terjun ke dunia industri maupun sebagai seorang entrepreneur."

"Harapan kami, bahwa Pesona Nusantara kali ini bisa di bukukan di akhir sehingga bisa menjadi cerita, dan rencananya juga akan kami HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)-kan," jelasnya.

"Mahasiswa Podomoro University semakin mengenal budaya Indonesia, sehingga bukan hanya mempunyai lulusan yang berkualitas internasional tapi juga berbudaya Indonesia dan berjiwa kewirausahaan," je;asnya

Santhi Serad, culinary expert, mengatakan."Soto Nusantara, semangkuk kehangatan khas Indonesia, yang dapat dinikmati dari mulai pedagang kaki lima sampai hotel bintang lima, dari sarapan sampai makan malam."

Soto, Comfort Food Orang Indonesia

"Jadi bagi saya, soto ini sangat Indonesia sekali, dan soto ini bisa dibilang merupakan comfort food orang Indonesia. Melalui Pesona Soto Nusantara" merupakan suatu kesempatan untuk menghidupkan kembali rasa cinta kita pada kuliner Indonesia," jelasnya.

Harry Nazaruddin dari Komunitas Jalan Sutra mengatakan,“Harapan saya sih bahwa bisa mengemas soto khas Nusantara ini menjadi suatu hidangan yang otentik dan kekinian."

Baca juga: Teh Pucuk Harum X Bakul Sarinah Sajikan Kuliner di Stasiun Kereta Whoosh

"Sehingga teman-teman mahasiswa juga bisa mulai memikirkan bagaimana merancang bisnis soto kekinian yang sampai saat ini belum ada," paparnya.

Acara Pesona Soto Nusantara yang terbuka untuk umum diadakan pada Rabu, 22 November 2023 hingga Jumat, 24 November 2023 di Universitas Agung Podomoro, APL Tower, Lantai 5, Jakarta Barat. 
             
Selain itu digelar pula cooking demo untuk para pengunjung, antara lain seperti, cooking demo dengan Chef Kong membuat Sroto Klamud, Cooking demo dengan Chef Kenrick Gunawan, Cooking Demo soto lombok dengan Dr. Dea Wibowo.

Untuk mengisi acara terdapat juga berbagai pertunjukan seni tradisional Indonesia yang sangat menarik dan menghibur untuk para tamu. Mulai dari, permainan angklung, tarian tradisional, penampilan teater dan lain-lain. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat