visitaaponce.com

Kisah Inspiratif Dua Mahasiswa Sukses Lulusan Binus University

Kisah Inspiratif Dua Mahasiswa Sukses Lulusan Binus University
Acara Wisuda ke-68 Binus University di JCC, pekan lalu(dok: Binus University)

Binus University  menggelar acara wisuda ke-68 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 18-20 November lalu. Pada acara yang terbagi dalam 6 sif itu, dari 6.334 Binusian (sebutan untuk mahasiswa Binus) yang diwisuda itu, terdapat dua wisudawan yang menyita perhatian dan patut dianggap menjadi inspirasi. Mereka adalah Marchelin Putri Kijne Wally dari jurusan manajemen dan Putri Ayu, dari jurusan Magister Akuntansi BINUS Graduate Program.

Seperti keterangan dari pihak Binus University, Marchelin merupakan penerima beasiswa afirmasi ADIK Papua. Ia lulus dengan pengalaman magang di dua perusahaan terkemuka di Indonesia, yaitu PT Freeport Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia.

Marchelin memiliki keyakinan penuh meraih pendidikan setingginya untuk merawat kedua adiknya, menggantikan peran orang tuanya yang telah meninggal serta membangun daerahnya.

“Wisuda ini saya persembahkan untuk kedua orangtua yang sedang menyaksikan di surga dan juga untuk kedua adik saya. Sangat bersyukur, dapat menyelesaikan kuliah yang saya jalani dengan pengalaman belajar yang luar biasa, “ ujarnya.

“Kesempatan magang pada dua perusahaan besar, menjadi bekal berharga bagi saya untuk meraih cita-cita dan memberikan dampak bagi keluarga dan masyarakat,” imbuh Marchelin.

Seperti halnya Marchelin, Putri Ayu juga terkesan akan pengalaman belajar di Binus yang menerapkan sistem blended learning yang menggabungkan perkuliahan secara luring maupun daring.

“Ilmu pengetahuan dan dunia terus berkembang, kita dituntut untuk terus beradaptasi yang menjadi salah satu motivasi utama dalam mengambil program magister. Update dengan wawasan terbaru di bidang akuntansi yang menjadi profesi saya, bahkan juga menambah jejaring baru dengan berbagai latar belakang,” ujar Putri.

Marchelin dan Putri Ayu merupakan beberapa penggambaran kisah perjuangan, kebahagiaan, dan tak jarang diwarnai oleh air mata yang menyertai perjalanan ribuan Binusian yang diwisuda pekan lalu. "Wisuda kali ini merupakan perhelatan wisuda dengan jumlah lulusan terbanyak dengan jumlah 6.334 wisudawan dan wisudawati. Mereka diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan sumber daya manusia handal dalam menyongsong Indonesia Emas 2045," ungkap Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA, rektor Binus University.

Menurutya dari jumlah wisudawan dan wisudawati tersebut, 88,81% di antaranya lulus tepat waktu, dengan 91,94% lulusan memiliki IPK di atas 3,00. Adapun IPK rata-rata lulusan adalah 3,48. Sebanyak 77% lulusan sarjana telah bekerja dengan 23% di antaranya bekerja di perusahaan global, 28% bekerja di perusahaan non-global maupun nasional teratas, 18% menjadi wirausahawan, 5% bekerja di perusahaan startup, dan 3% melanjutkan studi.

Prestasi para wisudawan dan wisudawati ini mendapat apresiasi dari Prof. Dr.Toni Toharudin, S.SI., M.Sc. selaku Kepala LLDikti Wilayah III DKI Jakarta. Dalam sambutannya, ia  menekankan Indonesia harus menjadi negara dengan lebih banyak pengusaha agar tidak terjebak menjadi negara middle-income trap, dan menjadi negara maju sebelum batas bonus demografi habis di tahun 2036.

Ia berharap Binus University terus mengukuhkan komitmen sebagai perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia untuk melahirkan SDM yang unggul. (M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat