visitaaponce.com

Dianjurkan Nabi, Kurma Ajwa Berkhasiat untuk Kesehatan

Dianjurkan Nabi, Kurma Ajwa Berkhasiat untuk Kesehatan
Ilustrasi(Ist)

KURMA adalah buah yang banyak ditemukan di negara Timur Tengah, seperti Arab, Irak, dan sekitarnya. Bentuk buah ini lonjong dengan ukuran 2 sampai 7,5 cm berwarna cokelat gelap kemerahan, dan beberapa ada yang kuning muda.

Ada banyak jenis dari buah kurma, salah satunya kurma ajwa, yaitu kurma yang rasanya manis dan teksturnya lembut. Selain itu, kurma ajwa juga dianjurkan Rasulullah SAW karena dipercaya memiliki sederet manfaat baik untuk kesehatan.

Baca juga: Ini Ciri Kurma yang Sudah Tidak Layak

"Berdasarkan hadis, sebaiknya memakan kurma ajwa sebanyak 7 butir setiap harinya untuk mendapatkan manfaat secara maksimal," kata Owner Ajwa Baraka Al Anshary, Abdurrahman Achmad Al Anshary, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/11).

Hal ini mengutip dari sebuah hadis yakni 'Barangsiapa di pagi hari memakan tujuh butir kurma ajwa, maka ia tidak akan terkena racun dan sihir pada hari itu.' (HR Bukhari No 5.779 dan Muslim No 2.047).

Abdurrahman juga memaparkan beberapa penelitian menyebutkan buah kurma ajwa mengandung karbohidrat, protein, lemak, garam mineral, vitamin, glukosa, dan fruktosa.

Kemudian, ada polifenol sebagai antioksidan yang disebut kandungannya lebih tinggi ketimbang kurma dan buah kering lainnya. Diketahui, antioksidan ini baik untuk mencegah kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Tata Cara Puasa Daud, Niat dan Berapa Lamanya

Penelitian lain menyebutkan kurma ajwa memiliki kandungan beta dglucan sebagai antitumor. Serta, adanya efek potensi dalam memperbaiki kerusakan dari ochratoxin nepherotoxicity yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

"Untuk manfaat lainnya dari kurma ajwa yang baik bagi kesehatan, antara lain menetralisasi asam pada perut, mengatasi sembelit, sebagai anti diabetes, dan mencegah anemia," tuturnya.

Ia menambahkan kurma ajwa antara lain bisa diperoleh di PT Barakada Indo Alanshari melalui situs barakadates.id. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat