visitaaponce.com

Doa Katolik Penutup dan Pembuka Tahun Baru

Doa Katolik Penutup dan Pembuka Tahun Baru
Gereja umat Katolik.(Freepik)

MENYAMBUT pergantian tahun, umat Kristen di seluruh dunia bersiap untuk merayakan malam tahun baru dengan berbagai kegiatan ibadah dan syukuran. Di berbagai gereja, perayaan ini menjadi momen penting untuk merenungkan perjalanan rohaniah selama setahun dan bersama-sama menatap masa depan.

Gereja-gereja Katolik menggelar Misa Tahun Baru khusus pada malam ini, sebuah ritus yang menjadi tradisi dalam liturgi gereja. Misa ini tidak hanya menjadi ajang peribadatan, tetapi juga sarana bagi umat Katolik untuk menyambut awal tahun liturgis dengan doa dan penyembahan.

Doa bersama menjadi momen penting dalam perayaan ini, di mana umat Kristen berkumpul untuk bersama-sama memohon berkat bagi tahun yang akan datang. Mereka juga menyampaikan rasa syukur atas segala berkat yang telah diterima selama tahun yang berlalu.

Baca juga: Renungan Rohani Kristen tentang Akhir Tahun, Rahmat Baru dan Harapan Baru

Berikut adalah contoh doa Katolik yang dapat Anda panjatkan di malam tahun baru.

1. Doa Keluarga di Malam Pergantian Tahun

Allah Bapa Maha Kasih, terima kasih telah memberikan kami kesempatan untuk berkumpul bersama di malam yang indah ini. Kami bersyukur atas berkat dan penyertaan-Mu kepada kami sekeluarga selama satu tahun ini. Bapa, pada kesempatan ini kami sekeluarga memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yang telah kami perbuat selama satu tahun ini. Kiranya Engkau berkenan, bimbinglah kamu untuk tidak mengulanginya kembali. Ya Bapa, kiranya pula bimbinglah kami sekeluarga agar dapat menjadi keluarga yang lebih baik di tahun baru ini, saling menyayangi, penuh rezeki, berkat dan sukacita. Semoga pada tahun yang baru nanti, kami menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Amin.

2. Doa Penutup dan Pembuka Tahun

Puji syukur kami sampaikan pada-Mu, ya Tuhan atas kasih dan karunia-Mu yang selalu bersama kami sepanjang hidup kami. Tidak lama lagi kami akan segera meninggalkan tahun ini, tetapi kami percaya kasih setia-Mu tidak akan meninggalkan kami.

Bapa, jangan pernah bosan mendengar permohonan kami, sebagaimana kami tak pernah lelah dan tidak putus-putus meminta tolong kepada-Mu.

Tuhan, terimakasih atas berkat dan perlindunganmu di tahun 2019 sehingga sekarang kami bisa memasuki tahun yang baru. Tuhan, tolong berkati kami setiap waktu di tahun 2020 seperti yang sudah kami rasakan di tahun sebelumnya.

Tuhan, ada banyak rencana yang sudah kami buat di tahun baru ini, kami percaya bahwa dengan campur tangan-Mu, semuanya dapat terwujud.

Baca juga: Kumpulan Ayat-Ayat Alkitab Tentang Ibadah Hari Minggu

Tuhan, ampunilah kesalahan dan dosa kami, tolong jagalah orang tua, saudara, kerabat, serta teman-teman kami dan jauhkan mereka dari segala mara bahaya dan penyakit.

Tuhan, tolonglah berkati pekerjaan kami, sekolah kami, dan negara kami, sehingga baik kami sebagai murid maupun sebagai warga negara bisa merasakan kesejahteraan.

Tuhan, masih ada banyak permohonan yang ingin kami sampaikan pada-Mu. Tetapi, kami percaya bahwa Engkau sudah mengetahui dan akan mengabulkannya.

Terimakasih Tuhan, kami ucapkan doa dan rasa syukur ini dalam nama Yesus Kristus, Juruselamat dan Penebus kami.

Amin.

3. Doa Pribadi di Malam Pergantian Tahun

Allah Bapa, Puji syukur dan terima kasih kuhaturkan kepadamu atas waktu yang Kau berikan selama satu tahun yang begitu indah ini. Aku bersyukur karena pada tahun ini ada banyak hal baik yang datang kepadaku. (sebutkan hal yang telah dicapai tahun 2021) Segala yang aku dapatkan hingga hari ini semua adalah atas berkat yang Kau berikan kepadaku. Aku sungguh bersyukur atas segala penyertaan-Mu kepadaku hingga hari ini.

Bapa yang Maha Kasih, pada kesempatan ini, kiranya aku boleh memohon agar di tahun yang baru ini kehidupanku akan lebih baik, begitu pula dengan kehidupan keluarga, teman dan semua orang yang aku cintai. Semoga akan senantiasa menjadi pribadi yang baik dan senantiasa mempercayakan segala yang terjadi pada hidupku sepenuhnya kepada-Mu.

Amin.

4. Doa Tahun Baru

Ya Yesus Kristus putera Allah,

Terima kasih karena Engkau sudah bimbing kami semua untuk melalui tahun lalu dengan anugerah dari-Mu. Sehingga, kami dapat sampai di awal tahun yang penuh karunia ini. Puji dan syukur kami ucapkan ke hadirat Bapa-Mu di surga.

Walaupun saat menjalani tahun lalu kami sempat alami kesedihan dan rintangan. Tetapi, kami percaya dan yakin Engkau selalu bersama kami di saat-saat kami terjatuh. Hanya dengan sebut nama-Mu dan berdoa kepada-Mu, kami bisa dihibur dan semuanya menjadi mudah. Kini ya Tuhan, di awal tahun ini, bimbinglah kami umat-Mu agar terus mampu berkarya dan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama kami. Rasa kasih persaudaraan semakin engkau bangkitkan bagi seluruh bangsa. Saat kami memiliki rintangan, sentuhlah kami dengan Roh Kudus agar kami diberi kekuatan supaya bisa menyelesaikan masalah dengan lancar.

Ya Yesus Kristus, kami percaya dan yakin dengan kuasa kasih-Mu akan menerangi dunia ini sepanjang tahun 2020 dan sampai akhir hayat kami. Dengan perantaraan Bunda Maria kami berdoa kepada-Mu.

Amin.

5. Doa Tahun Baru

Ya Bapa di dalam Surga, terima kasih atas segala berkat-Mu. Terutama saat ini, kami bisa memaknai sukacita Natal dalam kehidupan kami sehari-hari. Sebentar lagi, tahun baru akan tiba, ajar kami supaya tetap memiliki pengharapan seperti Kristus.

Ya Yesus Kristus Putra Allah, Di awal tahun baru ini, bimbing kami untuk terus berkarya dan memberikan kasih dalam setiap hal yang kami lakukan. Sentuhlah kami dengan Roh Kudus agar Kau yang memberi kekuatan dan kemampuan untuk mampu menyelesaikan semuanya dengan baik.

Ya Yesus Kristus Putra Allah,terima kasih karena Engkau telah membimbing kami semua melewati tahun lalu dengan anugerah kesehatan dan kebahagiaan, Sehingga kami bisa sampai di awal tahun yang penuh berkat ini. Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Bapa-Mu di surga dan hanya kepadaMu, Yesus kami berdoa. Demikian pula melalui perantaraan Bunda Maria kami memanjatkan segala rasa hormat dan syukur kami pada-Mu.

Ya Tuhan Yesus, melalui doa ini kami mohon segala berkat cinta kasih. Kiranya hanya ada kedamaian yang menyinari dunia ini karena kami percaya penuh pada kuasa-Mu. Akhirnya ya Bapa, kami serahkan doa dan pergumulan ini ke dalam nama Tuhan Yesus dengan perantaraan Bunda Maria.

Bapa Kami...Salam Maria...Kemuliaan... Amin.

Perayaan malam Tahun Baru bagi umat Kristen bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga merupakan wujud rasa syukur, harapan, dan komitmen dalam mengarungi setiap tahun dengan iman dan kebersamaan. Semoga tahun yang baru membawa berkat dan damai bagi seluruh umat Kristen di seluruh penjuru dunia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat