visitaaponce.com

Pemutaran Film Terpilih Fesbul di XXI Jayapura, Bangkitkan Semangat Perfilman di Papua

Pemutaran Film Terpilih Fesbul di XXI Jayapura, Bangkitkan Semangat Perfilman di Papua
Pemutaran 20 Film Terpilih Fesbul 2023 yang merupakan nomine pada Malam Anugerah di 10 titik bioskop XXI di Indonesia.(DOK IST)

DALAM upaya mendukung pertumbuhan dan membuka akses, jaringan, serta distribusi bagi karya-karya anak bangsa ke pasar film nasional maupun internasional, Festival Film Bulanan (Fesbul) mengadakan Road to Awarding Night, yaitu pemutaran 20 Film Terpilih Fesbul 2023 yang merupakan nomine pada Malam Anugerah, di 10 titik bioskop XXI di seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada 24-30 November 2023. 

Dua Film Terpilih Fesbul Lokus 10 (khusus wilayah Papua), yakni ‘WOR (Menyanyi dan Menari untuk Kehidupan)’ karya LPP TVRI Stasiun Papua dan ‘Sa Pu Nama Moses’ karya East Sinema diputar di Bioskop XXI Jayapura, pada Senin, 27 November 2023.

Selain pemutaran 2 Film Terpilih Lokus 10, terdapat juga dialog film bersama Nola Kobe selaku produser WOR dan Difan Weya atau Difano, filmmaker & content creator. 

Nola Kobe selaku produser film WOR membagikan cerita dalam memproduksi film WOR. "Tadinya yang kita tau, WOR ini cuma dalam bentuk tarian, seperti tadi dalam film ketika tamu datang, tapi ternyata tidak. Akhirnya kita mengubah konsep," ungkap Nola. 

Sementara Difano bercerita bagaimana film bisa memiliki peluang untuk mendapatkan penghidupan serta tips bagi teman-teman yang ingin menggeluti dunia film atau produk audio visual secara komersil.  

Lalu, ada juga sesi tanya jawab dan mini games berhadiah merchandise yang dibagikan kepada penonton. 

Dengan diadakannya Road to Awarding Night ini, Festival Film Bulanan ingin mengajak seluruh sineas di daerah agar menjadikan film pendek sebagai gerakan untuk menghidupkan ekosistem ekonomi kreatif di daerah masing masing, salah satunya dengan aktivasi pemutaran film pendek di bioskop nasional.

Baca juga:

Film Horor Malam Para Jahanam Siap Menghantui Penonton Mulai 7 Desember 2023!

Ini Deretan Film Kiki Fatmala

Selain sebagai wujud ekshibisi dan promosi yang mempertemukan film dengan para penontonnya, pemutaran film ini bisa menginisiasi filmmaker daerah agar menjadikan film sebagai produk massal dan sumber penghidupan bagi pelakunya.

"Saya berharap, kita anak-anak Papua yang punya ide kreatif bisa berkolaborasi sehingga bisa membentuk suatu wadah yang bisa membuat karya yang besar dan tentunya film itu sendiri berasal dari tanah Papua," ungkap Difano. 

Sementara Nola mengungkapnya rasa syukurnya atas diputarnya film WOR, "Satu kebanggaan yang luar biasa buat kami Tim LPP TVRI Papua, karena salah satu karya kami bisa masuk dalam Fesbul dan bisa diputarkan di XXI. Sesuatu yang tidak pernah terbayangkan dan terpikirkan oleh kami, ini benar-benar membangun kepercayaan diri kami untuk bisa berkarya lebih baik lagi untuk menceritakan tentang Papua dari segala hal," ungkap Nola.

Selain di XXI Mall Jayapura, Road to Awarding Night ini juga digelar di Yogyakarta, Jambi, Lombok, Makassar, Padang, Pontianak, Ambon, Jakarta, dan Bandung. 

Sedangkan puncak acaranya, Malam Anugerah Fesbul 2023 diadakan pada 9 Desember mendatang di Grand Ballroom Jakarta International Expo Convention Centre dengan memberikan apresiasi yang dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu ide cerita terbaik, visual terbaik, audio terbaik, film dokumenter terbaik, film fiksi terbaik dan apresiasi favorit penonton. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat