visitaaponce.com

Festival Setara Berdaya Dapat Menggali Potensi dan Kreativitas Anak

Festival Setara Berdaya Dapat Menggali Potensi dan Kreativitas Anak
Penyanyi Putri Ariani tampil di Festival Setara & Berdaya di kantor Media Group, Kedoya, Jakarta.(MI/VICKY GUSTIAWAN)

FESTIVAL Setara dan Berdaya Media Indonesia yang digelar pada 11-12 Desember 2023 di Kantor Media Group, Jakarta, mampu menjadi wadah bagi penyandang disabilitas untuk saling berinteraksi, menyerap aspirasi, dan memperlihatkan talenta.

Rangga (43) dari Komunitas Indonesia Rarely Disorder (IRD) mengapresiasi Festival Setara Berdaya yang mampu menghadirkan berbagai stakeholders. Rangga datang bersama anaknya yang memiliki keterbatasan. Dia mengatakan Festival Setara Berdaya menjadi ruang untuk saling bertemu dan membahas pemenuhan hak-hak disabilitas.

“Acaranya sangat menginspirasi dan edukatif. Terlebih lagi beberapa talk show menghadirkan tokoh inspiratif dan edukasi. Bagi orang tua yang memang punya anak disabilitas, acara-acara seperti ini sangat memotivasi kami untuk lebih sabar dan giat dalam mendidik dan merawat anak berkebutuhan kusus,” ujar Rangga saat ditemui pada Festival Setara Berdaya di Jakarta, Selasa (12/12).

Baca juga: Setara Berdaya Dorong Inklusivitas Hak Asasi Disabilitas

Rangga menjelaskan dirinya telah bergabung dengan IRD sejak 2021. Komunitas tersebut merupakan wadah bagi penyandang disabilitas khusus yang tergolong langkah di Indonesia. Anggotanya kini sudah 300 lebih dan tersebar di seluruh Indonesia bahkan ada yang di luar negeri.

“Dengan kelainan yang sangat langkah, anak saya kelainan genetik yang sifatnya generatif dan kemampuan motoriknya akan terus menurun. Usia 5 tahun bisa jalan dan lari tapi ketika 7 tahun sudah terindikasi sering jatuh dan melemah akhirnya tidak bisa bangun sampai sekarang,” ujarnya.

Baca juga: Teknologi Permudah Komunitas Ibu Tunanetra Beraktivitas

Rangga berharap lewat Festival Setara & Berdaya, tujuan terciptanya equality dan terbukanya kesempatan akan jauh lebih cepat dan meningkat, sehingga dapat mendukung bakat dan kemampuan anak-anak disabilitas.

“Harapannya ada banyak wadah untuk menampung anak-anak disabilitas karena mereka itu tidak banyak yang memperhatikan, hanya beberapa kalangan. Apalagi di tempat saya minim banget untuk latihan olahraga, musik atau lainnya. Orang tua harus mencari-cari secara mandiri, jadi diharapkan festival seperti ini bisa diperbanyak,” ujarnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat