visitaaponce.com

Gempa Sukabumi Rusak 68 Rumah Warga

Gempa Sukabumi Rusak 68 Rumah Warga
Ilustrasi rumah rusak akibat gempa(Antara)

Gempa bumi dengan magnitudo 4,6 yang melanda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (14/12) pagi, merusak puluhan rumah warga.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari merinci, berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, sebanyak 61 rumah di Kabupaten Bogor, dan 7 rumah di Kabupaten Sukabumi, mengalami kerusakan baik skala ringan, sedang hingga berat.

“Lokasi terdampak gempa di Kabupaten Bogor yakni Kecamatan Pamijahan, Leuwiliang, Nanggung dan Ciampea. Sementara, lokasi terdampak gempa di Kabupaten Sukabumi yakni Kecamatan Kabandungan, Kalapanunggal, Kadudampi dan Cikembar,” ujar Abdul melalui keterangan resmi, Kamis (14/12).

Baca juga: Gempa Berpusat di Sukabumi, Terasa Hingga Depok

BPBD Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor telah menerjunkan tim reaksi cepat ke lokasi terdampak untuk melakukan asesmen dan pendataan lanjutan.

Sebagaimana diketahui, gempa bumi terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Pusat gempa terletak pada koordinat 6.76 LS dan 106.53 BT, atau berlokasi di darat pada jarak 25 kilometer barat laut Kabupaten Sukabumi, pada kedalaman 5 kilometer.

Baca juga: Korban Terdampak Gempa di Sukabumi Harus Mengungsi

"Jenis dan mekanisme gempa dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalamannya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif," jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto.

Guncangan akibat gempa terasa hingga Depok dan Tangerang Selatan. (Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat