visitaaponce.com

22 Provinsi Laporkan Peningkatan Kasus Covid-19, Terbanyak di DKI

22 Provinsi Laporkan Peningkatan Kasus Covid-19, Terbanyak di DKI
Ilustrasi peningkatan kasus covid-19 di Indonesia, warga diminta kembali mengetatkan protokol kesehatan.(Freepik)

SEBANAYAK 22 provinsi melaporkan peningkatan kasus covid-19. Salah satunya DKI Jakarta yang meningkat hingga 622 kasus dan Jawa Barat 303 kasus per 14 Desember 2023.

Direktur Survelians dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan dr. Achmad Farchanny Tri Adryanto menyebutkan bahwa peningkatan kasus covid-19 terbanyak terjadi di 15 provinsi antara lain ProvinsiBali, Bangka Belitung, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Banten, Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

Provinsi selanjutnya yang melaporkan kenaikan kasus yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Riau, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Papua Barat, Sumatra Barat, dan Sumatra Utara.

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 Naik, Fasyankes Diimbau Tingkatkan Testing

"Di Jakarta seperti di RSUP Persahabatan sudah merawat 4 kasus, kemudian di RSPI Sulianti Saroso juga sudah mencapai puluhan yang dirawat.Ada 22 provinsi melaporkan peningkatan kasus secara laporan mingguan sejak 14 Desember 2023," kata Achmad dalam webinar RSUP Persahabatan, Jumat (16/12).

Penambahan kasus tersebut dinilai masih dalam batas wajar angka kewaspadaan, namun tetap harus melakukan pembenahan diri dan meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga: 21 Provinsi Alami Lonjakan Kasus Covid-19, Ini Datanya

Selanjutnya berdasarkan angka keterisian di rumah sakit (Bed Occupation Rate/BOR) angka nasional sekitar 1,19% atau dari 26.584 yang terpakai sekitar 316 bed. Keterisian BOR yang paling tinggi ada di DKI Jakarta dengan keterisian 75 bed dan yang kedua yakni Jawa Barat 41 bed.

Adapun varian yang mendominasi secara global yakni EG.5. Varian itu juga yang diduga menjadi penyebab laporan penambahan kasus di banyak negara. Sementara di Indonesia masih di dominasi XBB.1.9.2 sekitar 50 persen.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat